Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Kasih Resep, Virtual Asisten AI Ini Bisa Masak Juga

Kompas.com - 02/07/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kini hadir nyaris di semua lini. Urusan dapur saja, kini sudah dijamah oleh teknologi tersebut, termasuk di perangkat seperti kulkas dan lain sebagainya.

Namun, dukungan itu paling banyak untuk merekomendasikan resep berdasarkan bahan masakan yang tersedia.

Konsep yang berbeda ditawarkan oleh Vera, layanan virtual asisten berbasis AI yang disediakan oleh Brisk It, produsen alat rumah tangga berbasis AI.

Vera bisa memberikan rekomendasi resep sebagaimana asisten AI semacamnya. Namun, dia juga bisa merespons perintah seperti "Saya alergi dengan paprika, buatkan ayam pedas hidangan sayap ayam pedas."

Atau pertanyaan seperti "Apa yang bisa saya buat dengan daging giling sisa, daun ketumbar, nacho, udang dan keju?"

Baca juga: Menilik Penerapan AI dan Perannya dalam Pemberdayaan Bisnis di Indonesia

Bahkan, Vera benar-benar bisa membantu memasak, bukan sekadar menyarankan resep dan menjawab pertanyaan. Contohnya "Panggang steak iga setengah matang" atau "Buatkan iga panggang asap dan ayam sekaligus untuk 15 orang".

Praktik penyiapan aneka bahan dan bumbunya memang masih perlu dilakukan pengguna langsung. Namun setidaknya, pengguna tidak perlu memiliki skill memasak bila memanfaatkan Vera.

Ilustrasi AI Vera yang bisa dimintai tolong untuk masakBrisk It Ilustrasi AI Vera yang bisa dimintai tolong untuk masak

Komunikasi antara pengguna dan AI Vera sendiri, ditunjang oleh aplikasi Brisk It. Jadi pengguna bisa menyantumkan perintah ke Vera lewat aplikasi itu.

Tidak hanya menjalankan perintah, Vera juga bisa menyesuaikan pengaturan, misalnya soal suhu panggangan.

AI ini pun memantau proses memasak dan bisa merespons secara real-time, misalnya ketika diperlukan penyesuaian selama proses masak berlangsung. Dengan begitu, hasil masakannya bisa lebih optimal.

"Misalnya saat pengguna lupa membalikan steak, atau mengeluarkannya dari panggangan. Tidak perlu panik, Vera akan beradaptasi dan memastikan makanan yang dihasilkan berkualitas tinggi," demikian klaim Brisk It dikutip dari Twice.

Baca juga: 3 Label Musik Besar Dunia Gugat Perusahaan AI, Tuduh Eksploitasi Musisi

Perlu dicatat bahwa fungsi Vera dalam memasak hanya bisa dijalankan pada panggangan pintar besutan Brisk It juga, yaitu Brisk It’s Origin 580 dan Origin 940 Smart Grills. Harga panggangannya mulai dari 849,99 dollar AS (sekitar Rp 13,8 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Selasa (2/7/2024).

Dengan kemampuan Vera di atas, menurut Brisk It, pengguna tidak perlu lagi menelusur buku resep atau menyimak blog ketika hendak membuat hidangan. Pengguna juga tidak perlu memonitor masakan, atau mengatur suhu selama proses berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com