Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hacker Brain Cipher: Bobol Pusat Data Nasional Mudah dan Tak Butuh Waktu Lama

Kompas.com - 04/07/2024, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelompok peretas (hacker) Brain Cipher akhirnya menepati janji mereka untuk memberikan kunci enkripsi atau dekriptor data Pusat Data Nasional Sementara  (PDNS) 2 yang mereka sandera sejak pertengahan Juni lalu.

Dalam sebuah posting terbaru berjudul "Very Expensive Advertising" yang diunggah di dark web, mereka menyampaikan beberapa hal.

Salah satunya soal betapa lemahnya keamanan siber di PDN 2 yang mereka bobol. Mereka mengaku tak butuh waktu lama untuk membobol server PDNS 2.

"Ketika menyerang PDNS 2, kami melakukannya dengan lancar tanpa ada kesulitan, dan tak perlu waktu lama untuk memproses dan mengenkripsi data-data yang ada di dalamnya," klaim Brain Cipher.

Baca juga: Tepati Janji, Hacker Brain Cipher Kirim Kunci Enkripsi Ransomware PDN

Mereka melanjutkan bahwa fakta ini ini membuktikan pengelola PDN kurang kompeten lantaran tak memiliki standar keamanan mumpuni untuk melindungi data-data masyarakat. 

"Data center adalah suatu penyimpanan data berteknologi tinggi yang membutuhkan investasi (dan keamanan) yang tinggi, dan semua orang yang mengelola data center seharusnya sudah tahu akan hal ini," imbuh Brain Cipher. 

Sebelumnya, Brain Cipher juga mengatakan bahwa serangan ransomware yang mereka lakukan terhadap pemerintah Indonesia hanya sebagai "uji coba" lapisan keamanan terhadap serangan siber saja. 

"Kami berharap serangan kami dapat dijadikan hikmah, bahwa betapa pentingnya investasi keamanan dalam data center dan merekrut spesialis keamanan siber yang kompeten," sebut Brain Cipher dalam posting berbeda yang diunggah Selasa (2/7/2024).

Berikan kunci dekripsi gratis tanpa paksaan

Kelompok hacker Brain Cipher pada Rabu (3/7/2024) malam mengumumkan di blog mereka telah mengirim decryptor untuk ransomware yang mereka kirim ke server PDNS 2 di Surabaya.Brain Cipher Kelompok hacker Brain Cipher pada Rabu (3/7/2024) malam mengumumkan di blog mereka telah mengirim decryptor untuk ransomware yang mereka kirim ke server PDNS 2 di Surabaya.

Di posting yang sama, Brain Cipher turut memberikan tautan (link) untuk mengunduh (download) file dekriptor secara gratis. File ini bisa digunakan untuk mengakses data yang ada di dalam server PDNS 2 yang tengah "disandera" Brain Cipher.

Hal ini merupakan penepatan janji mereka pada Selasa (2/7/2024) lalu. Kala itu, Brain Cipher berjanji akan memberikan kunci untuk membuka akses data server PDNS 2 pada Rabu (3/7/2024), dan janji itu ditepati. 

Selain tautan untuk download dekripsi, Brain Cipher juga memberikan bonus berupa cara alias tutorial menggunakan file dekripsi untuk membuka akses terhadap data yang terkunci di PDNS 2.

Dalam unggahan terbaru, Brain Cipher mengatakan pemberian akses dekripsi gratis ini merupakan murni niat mereka dari "hati", tanpa paksaan dari pihak manapun. 

"Kami secara sadar memutuskan untuk memberikan dekripsi gratis, tanpa dorongan pihak, lembaga, atau organisasi hukum manapun. Tidak ada kesalahpahaman di dalam Brain Cipher, dan tim kami mendukung keputusan untuk memberikan dekripsi gratis ini sepenuhnya," ungkap Brain Cipher.

Mereka juga mengatakan ini terakhir kalinya mereka membagikan akses kunci dekripsi gratis kepada salah satu korbannya. Untuk korban kami lainnya, tidak ada negosiasi atau tawar-menawar, alias harus bayar untuk mendapatkan kunci dekripsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com