Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Red Magic 9S Pro dan Red Magic 9S Pro Plus Resmi, Pakai Snapdragon 8 Gen 3 Khusus

Kompas.com - 05/07/2024, 07:37 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nubia, merek smartphone yang terafiliasi dengan ZTE meluncurkan dua ponsel gaming baru dari lini seri Red Magic, yakni Red Magic 9S Pro dan 9S Pro Plus.

Kedua smartphone ini melengkapi Red Magic 9 series lainnya termasuk Red Magic 9 Pro dan Red Magic 9 Pro Plus yang rilis November 2023.

Red Magic 9S Pro dan 9S Pro Plus hadir dengan system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3 yang didesain secara khusus.

Dalam praktiknya, CPU Snapdragon 8 Gen 3 di Red Magic 9S Pro dan 9S Pro Plus ditingkatkan alias overclock, sehingga mampu menawarkan kececepatan (clockspeed) sampai 3,4 GHz. Berbeda dari smartphone lain meski memakai chipset serupa, clockspeed-nya hanya mentok di angka 3,3 GHz.

Tidak hanya CPU-nya, kecepatan GPU Adreno 750 chip Snapdragon 8 Gen 3 di Red Magic 9S Pro dan 9S Pro Plus juga ditingkatkan hingga 1 GHz.

Baca juga: Red Magic 9 Pro Plus Edisi Transformer Resmi, Tampang Mirip Karakter Bumblebee

Karena ditingkatkan, ZTE sesumbar bahwa Red Magic 9S Pro meraih skor sebesar 2.369.542 poin di aplikasi AnTuTu. Skor itu tercatat yang paling besar dibanding smartphone Android lainnya yang ada saat ini.

Selain pada aspek chipset, kedua smartphone Red Magic ini juga menawarkan sistem pendingin Ice 13.5 yang sudah diperbarui.

Peningkatannya meliputi ruang uap berukuran 10.182 mm persegi, serta gel pendingin baru yang diklaim mampu mengurangi resistansi termal alias perbedaan suhu komponen perangkat.

Tersedia pula kipas pendingin aktif 22.000 RPM yang diklaim bisa menurunkan suhu chipset sampai 19,5 derajat celcius.

Yang tak kalah menarik, smartphone ini juga mendukung penggunaan daya eksternal, sehingga memungkinkan pengguna menjalankan ponsel tanpa baterai layaknya laptop. Selain praktis, dukungan ini juga bisa menurunkan suhu ponsel serta meminimalisasi efek aus baterai.

Spesifikasi Red Magic 9S Pro dan Red Magic 9S Pro Plus

Red Magic 9S Pro dan Red Magic 9S Pro Plus hadir dengan spesifikasi yang sama. Perbedaannya terletak pada aspek baterai, RAM serta penyimpanan (storage).

Red Magic 9S Pro dibekali baterai berkapasitas 6.500 mAh disertai fast charging 80 watt. Kapasitasnya lebih tinggi dibanding Red Magic 9S Pro Plus yang dibekali baterai 5.500 mAh, tetapi fast charging-nya 165 watt.

ZTE Nubia Red Magic 9S Pro seriesNubia ZTE Nubia Red Magic 9S Pro series

Sementara RAM-nya, model Pro hadir dengan opsi RAM 12 GB dan storage 256/512 GB. Sementara model Pro Plus hadir dengan opsi RAM 16/512 GB atau 24 GB/1 TB.

Selebihnya, spek kedua smartphone gaming ini persis. Layar berpanel AMOLED 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, kecerahan puncak 1.600 nits, refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate sampai 960 Hz serta touch sampling rate 2.000 Hz.

Spesifikasi kamera keduanya juga persis, dengan kamera utama 50 MP disertai fitur stabilisasi OIS, dan kamera ultrawide 50 MP. Tersedia pula kamera depan 16 MP.

Baca juga: Duel ZTE Nubia Neo 2 Vs Tecno Pova 6, HP Gaming Rp 2 Jutaan di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com