Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Office Versi Web Diperbarui, Kini Ada Fitur "Autosave"

Kompas.com - 05/07/2024, 13:09 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah aplikasi produktivitas Microsoft Office versi online, yaitu Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, kini dibekali dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu pembaruan yang dihadirkan raksasa teknologi tersebut adalah fitur "Autosave". Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna yang kerap lupa menyimpan dokumen mereka secara manual.

Dokumen yang sedang dikerjakan pengguna akan disimpan otomatis secara berkala di internet.

Untuk melihat apakah dokumen disimpan otomatis atau tidak, pengguna bisa melihat ikon "centang hijau" yang ada di sebelah kanan nama dokumen di tampilan kiri atas Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint versi web.

Baca juga: Selamat Datang Aptos, Font Default Microsoft Office yang Gantikan Calibri

Selain itu, Microsoft juga mengubah tampilan menu "File" yang lebih segar dan sederhana.

Kini, menu File akan tampil sebagai menu dropdown yang akan menampilkan beragam sub-menu fungsi utama Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint versi web.

Beberapa sub-menu yang ada di menu File ini di antaranya seperti fungsi untuk membuat atau membuka dokumen baru, menyimpan, membagikan, dan mencetak dokumen yang sedang dikerjakan, mengekspor file ke format lain, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, menu File di Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint versi web ini, jika diklik, akan memenuhi satu jendela aplikasi. Sehingga, dokumen yang sedang dikerjakan akan tertutup total, tidak seperti tampilan menu File anyar yang tidak akan menutupi dokumen.

Ilustrasi tampilan menu File baru di Microsoft Word versi web.Microsoft Ilustrasi tampilan menu File baru di Microsoft Word versi web.

 Baca juga: Perbedaan Microsoft Office 2021 dan 365, Mana yang Lebih Baik Digunakan?

Menyoal nama dokumen, fungsi mengganti nama dokumen alias Rename juga kini diperbarui. Untuk mengganti nama dokumen, pengguna cukup mengeklik nama dokumen di pojok kiri atas dan mengubah nama baru yang diinginkan. 

Di luar tampilan File dan fitur Autosave serta Rename anyar, Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint versi web juga hadir dengan beragam fitur baru lainnya.

Tampilan Folder Structure alias File Location di Microsoft Office online yang kini bisa dilihat dari ikon Autosave.Microsoft Tampilan Folder Structure alias File Location di Microsoft Office online yang kini bisa dilihat dari ikon Autosave.

Dua di antaranya adalah tampilan lokasi penyimpanan dokumen alias Folder Structure baru yang bisa dilihat melalui menu Autosave, serta fitur untuk mengekspor dokumen ke PDF dan format lainnya.

Ada pula dua sub-menu baru di menu File yang terdiri dari "Move" untuk memindahkan dokumen ke folder lain, serta "Version History" untuk melihat riwayat penyuntingan (edit) dokumen dalam beberapa waktu ke belakang. 

Untuk ketersediaan, tampilan menu File baru di Microsoft Office versi online, begitu juga aneka fitur baru yang menyertainya, sudah digelontorkan ke sejumlah pengguna "terpilih" mulai pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Microsoft365, Jumat (5/7/2024).

Rencananya, desain menu File anyar di Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint versi web tersebut akan diterima dan bisa dipakai seluruh pengguna Microsoft Office online mulai bulan Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: Microsoft Office Pensiun, Bagaimana Nasib Ms Word, Excel, dan PowerPoint?

Cara pakai Microsoft Office versi web

Untuk mengakses Microsoft Office versi web, pastikan lebih dulu bahwa Anda sudah memiliki akun Microsoft.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com