Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore... iPhone Akhirnya Bisa "Multitasking"

Kompas.com - 09/04/2010, 08:24 WIB

CUPERTINO, KOMPAS.com — Sesuai harapan para penggunanya, Apple akhirnya meningkatkan kemampuan perangkat lunak iPhone agar bisa mendukung multitasking. Dengan kemampuan tersebut, iPhone bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Misalnya mendengarkan musik melalui program Pandora dan mengecek akun bank secara online dalam waktu yang sama. Sebelumnya, pengguna harus kembali ke halaman depan atau bahkan menutup aplikasi yang tengah dibuka sebelum mengakses aplikasi lainnya. Telepon melalui Skype kini pun mungkin dilakukan tanpa terputus jika di tengah pembicaraan tiba-tiba harus sambil mengecek e-mail.

"Hal itu akan benar-benar mengubah cara Anda dalam menggunakan iPhone," kata CEO Apple Steve Jobs saat mengumumkannya dalam konferensi pers di kantor pusat Apple di Cupertino, California, AS, Kamis (8/4/2010) waktu setempat. Fitur multitasking akan tersedia pada perangkat lunak terbaru iPhone OS 4.0.

Perangkat lunak tersebut akan tersedia mulai musim panas tahun ini atau sekitar Juni 2010. Perangkat lunak sejenis juga akan tersedia untuk iPad mulai musim gugur atau sekitar September 2010. Biasanya perangkat lunak diberikan oleh Apple secara cuma-cuma kepada pengguna iPhone versi lama untuk melakukan update secara otomatis melalui layanan online dan akan tersedia pada produk barunya. Perangkat lunak ini bisa diaktifkan pada iPhone 3G, iPhone 3GS, dan iPod Touch mulai generasi kedua. Namun tidak demikian pada iPhone atau iPod Touch generasi pertama.

Fitur multitasking sudah lama dinantikan oleh para pengguna iPhone, apalagi rival-rivalnya seperti platform Android buatan Google, WebOS buatan Palm, dan Linux sudah mendukung kemampuan tersebut. Jobs mengatakan, pihaknya terpaksa menunda lama hal ini karena tidak ingin fitur multitasking membuat baterai iPhone yang terkenal tahan lama menjadi cepat habis atau menurunkan kinerja komputasinya.

Selain iPhone OS 4.0, Jobs juga mengumumkan bahwa layanan iBookstore yang saat ini baru bisa diakses pengguna iPad akan tersedia pula bagi para pengguna iPhone dengan perangkat lunak yang baru. Apple juga meluncurkan platform iklan mobile bernama iAd yang memungkinkan pihak ketiga menyisipkan iklan dalam berbagai aplikasi dengan pola bagi hasil. Jobs juga menyatakan bahwa pihaknya telah menjual 450.000 iPad dalam waktu kurang dari seminggu sejak tersedia di pasar pada 3 April 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com