Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Industri Telekomunikasi

Akuisisi T-Mobile, AT&T Kuasai Pasar AS

Kompas.com - 22/03/2011, 04:08 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Salah satu cara paling cepat menguasai pangsa pasar mungkin akuisisi di tengah persaingan bisnis telekomunikasi yang masih tumbuh tinggi. Itulah yang dilakukan AT&T dengan mengambil alih T-Mobile di AS, seperti diumumkan pada Senin (21/3/2011).

Jika proses akuisisi ini berjalan mulus dan disetujui otoritas terkait di AS, AT&T ditambah T-Mobile bakal menjadi pemegang pangsa pasar terbesar dalam bidang layanan telekomunikasi nirkabel. Gabungan pelanggan keduanya menjadi sekitar 130 juta pengguna atau 39 persen pangsa pasar.

Saat ini, peringkat pertama masih dipegang Verizon Wireless yang sebelumnya juga hasil merger antara Vodafone dan Verizon Communications Inc dengan 31 persen. AT&T sendiri saat ini masih di posisi kedua dalam pasar telekomunikasi di Negeri Paman Sam, sedangkan T-Mobile di peringkat keempat. Adapun posisi ketiga diduduki Sprint-Nextel.

Namun, akuisisi tersebut harus dibayar mahal oleh AT&T. Operator yang selama beberapa tahun menjadi mitra eksklusif Apple untuk memasarkan produknya itu harus merogoh kocek sampai 39 miliar dollar AS. Dana itu masing-masing 25 miliar dollar AS dalam bentuk tunai dan sisanya dalam bentuk saham. Pemilik T-Mobile saat ini, Deutsche Telekom AG, akan mendapatkan 8 persen saham AT&T dan kursi di dewan direksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com