Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Eden, 20 Startup Curi Perhatian Investor

Kompas.com - 05/07/2011, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011 bekerja sama dengan komunitas #StartUpLokal dan Project Eden akan mengadakan Bizconnect PPKI 2011. Dalam event ini, sebanyak 20 perusahaan start-up yang telah lulus seleksi akan melakukan pitching di depan investor di Ruang Cendrawasih 2, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (9/7/2011).

Sebelumnya, pendaftaran dilakukan sejak 21 Juni 2011 dan ditutup tanggal 3 Juli 2011. Perusahaan start-up yang terpilih untuk melakukan pitching diumumkan di website startuplokal.org pada 4 Juli 2011. Dan tanggal 9 Juli 2011, dua puluh perusahaan start-up lokal tersebut akan melakukan pitching di depan investor.

Satu orang yang terpilih sebagai Investor Idol akan mendapatkan dana dari investor dan berhak mengikuti program inkubasi Eden Project. Sembilan belas lainya akan diseleksi secara privat oleh panitia dan akan di-follow up untuk bisa mengikuti program inkubasi di Project Eden.

Bizconnect PPKI 2011 ini merupakan ajang perkenalan Project Eden kepada para pendiri start-up. Setelah acara ini, para pendiri perusahaan start-up masih memiliki kesempatan mendaftarkan diri untuk mengikuti proyek inkubasi ini. Informasi pendaftaran dan cara mendaftar bisa diakses di www.eden.co.id dan proyek ini terbuka untuk perusahaan start-up jenis apapun.

Saat ini Project Eden telah menyiapkan sebuah hackerspace di daerah Menteng yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan start-up untuk menjalani program inkubasi. Sebanyak 20 hingga 40 erusahaan start-up dengan 20 founder bisa berkantor di hackerspace ini hingga mendapatkan investasi dari investor dan bisa membangun tempat usahanya sendiri.

Selama program inkubasi berlangsung, perusahaan start-up bisa melaksanakan kegiatan perusahaannya secara normal. Masing-masing perusahaan yang berkantor di hackerspace tetap menjadi pemilik perusahaannya sendiri dan tetap memiliki hak untuk memanajemen perusahaannya. Project Eden akan menyediakan fasilitas legal (badan hukum), administrasi, dan jasa pengaturan keuangan sehingga pendiri start-up bisa fokus kepada pengembangan produk.

Project Eden juga akan membantu memperluas jaringan kepada komunitas dan workshop-workshop terkait enterpreneurship di dunia digital, membantu jaringan koneksi kepada investor, dan juga menyediakan mentor-mentor yang ahli di bidangnya untuk menambah wawasan dan kesiapan perusahaan start-up bersaing di bisnis digital yang sebenarnya.

Project Eden adalah program inkubasi yang menjadi akselerator bagi perusahaan-perusahaan start-up agar siap bersaing di dunia bisnis digital dengan ilmu dan strategi yang cukup.

Berikut adalah nama-nama perusahaan start-up yang akan pitching tanggal 9 Juli 2011:

  1. AnakUI – Muhammad Ilman Akbar
  2. Arsanesia – Khairul Annas
  3. Bumble Games Indonesia – Tedjamulja, Aditya
  4. Buzz Spot – Nelly Kasih
  5. Digimedia – Gugah Seni
  6. E-Currency – Andi Fauzan
  7. Happify – Farry Aprianto
  8. Help for Children with Autistic Disorder (HERO) – Arif Qodari
  9. idTrust – Rachmat Efendi
  10. Islam Music – Umar Hadi
  11. Kulacak – Dadan Darmawan
  12. Localbrand – Sayed Muhammad
  13. Marigold Toy Distributor – David Fajar Santoso Rus
  14. Movieo.net – Santo Nicholas
  15. Orbitin – Rokhmad Sigit
  16. PointBump – Jonathan Marga Luhur
  17. Private distance learning for students – Indah Fitria
  18. Reading Walk – Floresiana Yasmin Indriasti
  19. Stilook.com – Khrisnawan Adhie / Septiavi Mulhartiningtyas
  20. Telunjuk – Redya & Drata
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com