Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video Game

Pengembang Sucker Punch Bergabung dengan Sony

Kompas.com - 03/08/2011, 22:56 WIB

KOMPAS.com -  Pengembang video game, Sucker Punch, resmi melepas label mereka dari indie menjadi mainstream dengan kabar terakhir mengenai bergabungnya studio mereka ke dalam Sony Computer Entertainment World Wide Studio sebagai anggota ke-16.

Dengan demikian, hak edar seri permainan seperti Infamous bakal dipegang secara eksklusif oleh Sony Playstation dan takkan diport ke konsol lainnya.

Hal itu terungkap dalam rilis dari situs resmi Sucker Punch. Dalam pernyataan resmi mereka, tim pengembang itu menyatakan kebahagiaan untuk bergabung bersama SCE dalam memproduksi franchise yang mendapat sambutan hangat dari para pemain video game. Mereka berjanji untuk terus menghasilkan judul-judul permainan yang berkualitas bagi pemain Playstation.

Akuisisi studio untuk membuat permainan yang eksklusif untuk konsol tertentu barangkali sebuah strategi yang wajib dilakukan dalam memenangkan persaingan. Kecenderungan saat ini, permainan yang dirilis untuk satu konsol dalam waktu yang tidak lama juga dirilis untuk konsol lainnya.

Strategi ini membuat permainan tidak lagi eksklusif dimiliki satu konsol dan ujung-ujungnya kembali pada perbandingan kualitas tampilan visual dari perangkat keras bawaan konsol.

Seri permainan Infamous sendiri mendapatkan ulasan yang positif dari berbagai situs. Dari situs agregator ulasan seperti Metacritic, Infamous mendapatkan nilai 85 dari 100 di antara 98 ulasan, sementara seri berikutnya mendapatkan nilai 83 dari 100 dari 84 ulasan.

SCE World Wide Studio merupakan kumpulan studio pengembang game yang dibuat khusus untuk Playstation, baik PS 3 maupun konsol portabel berikutnya, Playstation Vita.

Beberapa contoh studio seperti Naughty Dog yang menghasilkan franchise Uncharted dengan tokoh protagonis Nathan Drake, Guerrila Games yang menghasilkan permainan Killzone, hingga Polyphony Digital yang membuat judul permainan simulasi balap Gran Turismo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com