Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CNN Bersiap "Caplok" Situs Teknologi Mashable

Kompas.com - 13/03/2012, 10:24 WIB

KOMPAS.com - Kantor berita internasional CNN, yang merupakan anak perusahaan Time Warner, dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk mengakuisisi sebuah situs teknologi dan media sosial terkemuka, Mashable.

Kabar ini datang dari Felix Salmon yang menulis untuk Reuters. Menurut Salmon yang mendapat informasi dari sumber terpercaya, akuisisi CNN atas Mashable akan diumumkan pada hari ini (13/3/2012).

Namun pada hari Senin kemarin (12/3/2012), para petinggi CNN membantah bahwa pengumuman itu akan dilakukan pada Selasa ini. Petinggi CNN masih enggan mengomentari proses akuisisi ini. Begitu juga dengan pihak Mashable.

Editor Eksekutif Mashable Adam Ostrow, hanya merespon kabar tersebut dengan me-like informasi akuisisi yang dibagikan Salmon lewat Facebook.

Jika kelak CNN resmi mengakuisisi Mashable, ini akan menjadi pertanyaan besar tentang minat CNN pada industri media sosial dan start-up. Pasalnya, pada akhir tahun lalu, CNN telah mengakuisisi Zite, sebuah perusahaan yang membuat apliasi iPad dengan nilai sekitar 20 juta sampai 25 juta dollar AS.

Sedangkan untuk mengakuisisi Mashable, CNN dikabarkan harus merogoh kocek hingga 200 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Hubungan dekat antara CNN dan Mashable sudah terlihat dari konten dari Mashable yang sering muncul di CNN. Kemudian, salah seorang pendiri Mashable, Pete Cashmore, sering menjadi narasumber reguler untuk acara teknologi di CNN.

Mashable sendiri diluncurkan oleh Cashmore di rumahnya yang berada di Aberdeen, Skotlandia, pada Juli 2005.

Kini, Mashable bermarkas di Palo Alto, California. Situs yang punya slogan The Social Media Guide ini, mengklaim bahwa pageview mereka telah mencapai 50 juta setiap bulan, memiliki 20 juta pengunjung unik dan 4 juta follower di jejaring sosial Twitter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com