Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Murah Samsung Tak Pakai AMOLED?

Kompas.com - 24/11/2012, 09:42 WIB

Layar Samsung AMOLED Flexible

KOMPAS.com - Layar jenis AMOLED  (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) memang sedap dipandang, apalagi yang memiliki resolusi tinggi 1920x1080.

Ponsel yang akan menggunakan layar jenis ini adalah Samsung Galaxy S4 yang kabarnya akan diperkenalkan pada ajang pameran CES 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Namun, untuk perangkat Samsung, ada kemungkinan bahwa layar tersebut hanya akan tersedia untuk smartphone high-end saja. Sementara produk kelas menengah dari produsen Korea ini disebut akan beralih ke layar LCD.

Masalahnya, menurut "sumber terpercaya" yang dikutip PhoneArena lewat Sammobile, keputusan untuk mengalihkan produk mainstream ke layar LCD terkait dengan sumber daya dan kapasitas produksi yang diperlukan untuk membuat layar AMOLED resolusi tinggi.

Sumber lain menyatakan bahwa Samsung mengalami masalah dalam memproduksi layar AMOLED yang memiliki tingkat kepadatan pixel 441 ppi, sehubungan dengan teknologi yang digunakan untuk membuat layar 5 inci yang diperkirakan bakal dipakai oleh Galaxy S4.

Masalah ini disebut bisa menunda kemunculan smartphone andalan baru Samsung itu.

Samsung disinyalir tetap akan menyediakan layar AMOLED pada produk-produk masa depan, tetapi khusus untuk yang menduduki segmen high-end saja. Produk yang ditujukan untuk pasar menengah akan mendapat panel layar PLS baru. Dengan begitu, AMOLED akan menjadi fitur eksklusif untuk perangkat tertentu.

Perbedaan utama antara AMOLED dan LCD terletak pada jenis material yang dipakai untuk menampilkan gambar. LCD menggunakan kristal cair, sementara AMOLED memakai dioda organik. Layar AMOLED memiliki kontras yang lebih tinggi sehingga warna-warna tampil lebih pekat dan cerah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbedaan layar LCD dan AMOLED, silakan kunjungi tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com