Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Strategi Telkomsel Naikkan Pelanggan Data?

Kompas.com - 22/01/2013, 18:30 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Telkomsel

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel hingga saat ini masih menjadi "raja" operator di Indonesia. Hingga tahun 2013, jumlah pengguna layanan anak perusahaan Telkom ini telah mencapai angka 125 juta pelanggan.

Sayangnya, mayoritas pengguna belum menggunakan paket data milik Telkomsel. Hingga saat ini, 85 persen revenue milik perusahaan tersebut masih berasal dari layanan suara. Sisanya, berasal dari paket data dan lain-lain.

Pengguna layanan paket data milik Telkomsel sendiri baru menyentuh angka 52 juta pelanggan.

Padahal, Telkomsel sudah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk mendukung paket data ini. Salah satunya adalah dengan membangun sekitar 15.000 Base Transceiver Station (BTS) yang sudah mendukung koneksi 3G.

Di tahun 2013, Telkomsel dipastikan akan terus berupaya dalam meningkatkan jumlah pelanggan layanan data ini. Hal tersebut terlihat dari target jumlah pelanggan data yang mencapai angka 82 juta hingga akhir tahun ini.

Untuk mempromosikan penggunaan data yang lebih tinggi pada jaringannya, Telkomsel memiliki beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan menawarkan paket bundling ponsel dari berbagai vendor.

Hal tersebut direalisasikan Telkomsel melalui paket bundling dengan beberapa ponsel high end, seperti iPhone 5 dan LG Nexus 4. Tidak itu saja, Telkomsel juga sudah menjalankan proyek paket bundling dengan ponsel-ponsel low hingga mid-end, contohnya seperti Nokia Asha.

Dari bundling dengan Nokia Asha ini, Telkomsel mengharapkan peningkatan jumlah pelanggan data yang cukup signifikan.   

"Dalam 3 bulan, kami menargetkan ada 1,5 juta pelanggan layanan data baru dari feature phone. Sedangkan dari Asha, kami menargetkan ada 750,000 pelanggan baru," kata Arief Pradetya, Head of Device Bundling and Customization Strategy Division Telkomsel, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta.

Selain melalui proyek bundling, Telkomsel akan berusaha meningkatkan pengguna layanan data dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan data, seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter, memang menyumbang pemasukan yang cukup bagi operator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com