Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram Kini Bisa Bagikan Musik di Notes

Kompas.com - 14/06/2023, 07:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak awal tahun 2023, pengguna Instagram bisa mengunggah postingan status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter lewat fitur bernama Instagram Notes.

Kini, pengguna juga bisa membagikan judul musik favoritnya lewat Instagram Notes. Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Meta (induk Instagram) Mark Zuckerberg.

"Sekarang Anda dapat menambahkan potongan 30 detik dari lagu favorit Anda ke Instagram Notes," tulis Zuckerberg di Meta broadcast channel di Instagram.

Musik di Instagram Notes ini memiliki cara kerja yang sama ketika pengguna menambahkan musik di Instagram Stories, Feed, atau Reels. Nanti, pengguna tinggal pergi ke Direct Message Instagram, kemudian klik ikon "+" untuk membuat postingan Instagram Notes.

Baca juga: Instagram Notes Diumumkan, Fitur Update Status 60 Karakter

Selanjutnya, pengguna bisa memilih musik dari music library Instagram. Pengguna juga bisa menambahkan keterangan (caption) text dan emoji.

Saat sudah diunggah, Instagram Notes bakal menampilkan judul lagu, nama musisi, dan caption pengguna di sisi paling atas Direct Message. Sama seperti Instagram Stories, postingan di Instagram Notes ini hanya bertahan 24 jam, kemudian akan hilang.

pengguna juga bisa membagikan judul musik favoritnya lewat Instagram Notes.Meta pengguna juga bisa membagikan judul musik favoritnya lewat Instagram Notes.
Selain menambahkan musik, pengguna juga bakal bisa melihat terjemahaan dari postingan Instagram Notes dalam bahasa asing. Nantinya, ketika mengeklik postingan Instagram Notes pengguna lain dengan bahasa asing, pengguna bakal melihat opsi "see translation".

Baca juga: Sama-sama Posting Teks, Apa Beda Instagram Notes dan Instagram Stories?

Ketika opsi itu diklik, maka postingan akan diterjemahkan ke bahasa pilihan yang diatur di Instagram. Fitur see translation ini memiliki cara kerja yang sama seperti fitur "terjemahkan" di Instagram Stories, feed, dan Reels.

Dua fitur baru di Instaram Notes ini digelontorkan ke pengguna mulai hari ini. Pantauan KompasTekno, Rabu (14/6/2023), fitur berbagi musik dan melihat terjemahan di Instagram Notes belum bisa dijajal di aplikasi Instagram versi 287.0.0.25.77 di ponsel Android.

Memang biasanya fitur baru akan tersedia secara bertahap dalam beberapa waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com