BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Agar Makin “Ngacir”, Begini Cara Mengaktifkan Game Launcher dan Game Booster pada Samsung Galaxy A34 5G

Kompas.com - 14/06/2023, 18:45 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comSamsung Galaxy A34 5G yang dirilis pada pertengahan Maret 2023 memberi angin segar bagi pencinta mobile game di Tanah Air.

Pasalnya, ponsel kelas mid-range ini sudah bisa diandalkan untuk memainkan sejumlah mobile game, seperti Mobile Legends dan PUBG: Battlegrounds. Bahkan, kedua game tersebut dapat dimainkan secara mulus pada settingan grafis maksimal.

Hal itu memang bukan tanpa alasan. Penerus Samsung Galaxy A33 5G tersebut dibekali chipset Mediatek Dimensity 1080 8 inti dengan kecepatan clock maksimal mencapai 2,6 GHz. Untuk unit pengolah grafis (GPU), Samsung menyematkan Mali-G68.

Kapasitas RAM yang disematkan juga terbilang jumbo, yakni 8 GB dengan pilihan memori internal 128 GB atau 256 GB.

Baca juga: Samsung Galaxy A34 5G Punya Layar 120 Hz, Apa Fungsinya?

Kompas.com sudah melakukan serangkaian pengetesan menggunakan aplikasi benchmark, seperti Antutu versi 9 dan Geekbench. Untuk pengujian Antutu, Samsung Galaxy A34 5G mendapat skor 476.463.

Sementara, pengujian Geekbench mencatatkan skor 1.027 poin untuk single core dan 2.448 untuk multicore.

Kemudian, pengujian 3DMark yang mengukur kemampuan pemrosesan grafis visual mencatatkan skor 2.309 untuk pengujian Wild Life dan 5.273 untuk pengujian Sling Shot.

Agar semakin imersif, Samsung menyematkan panel Super AMOLED seluas 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.340 piksel), tingkat kecerahan maksimal 1.000 nits, dan refresh rate 120 Hz.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy A34 5G, HP Mid-range Berwajah Flagship

Ditambah lagi, Samsung membenamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah dilengkapi teknologi fast charging. Dengan daya sebesar ini, pengguna bisa memainkan game hingga 6 jam 30 menit dalam sekali charging penuh.

Untuk memanjakan gamer, Samsung juga menyematkan fitur Game Launcher dan Game Booster yang dapat mempercepat kinerja Galaxy A34 5G dalam memainkan game.

Berikut adalah cara mengaktifkan Game Booster dan Game Launcher di Samsung A34 5G.

Game Launcher

Game Launcher merupakan pusat kendali utama untuk game. Fitur ini menyediakan sejumlah data, seperti waktu game pengguna, riwayat game yang diinstal atau dihapus, notifikasi game, serta Galaxy Gamer.

Baca juga: Berapa Skor Antutu dan Geekbench Samsung Galaxy A34 5G?

Di samping itu, Game Launcher juga memungkinkan pengguna menikmati seluruh game yang diinginkan di satu tempat. Setiap game yang diunduh dengan cepat dan mudah diatur di satu tempat yang disebut Game Launcher.

Selain itu, pengguna dapat melanjutkan game terbaru atau menikmati game Instant Plays yang tidak memerlukan instalasi.

Untuk mengaktifkan Game Launcher pada Samsung Galaxy A34, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

· Buka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk Fitur lanjutan.

· Ketuk sakelar Game Launcher untuk mengaktifkannya.

· Ikon Game Launcher mungkin ada di layar Aplikasi atau di folder Samsung. Game yang diunduh dari Play Store dan Galaxy Store akan otomatis ditampilkan di layar Game Launcher.

Tangkapan layar langkah-langkah aktifkan Game Launcher Samsung A33 5G Dok. KOMPAS.com/Yakob Arfin Tangkapan layar langkah-langkah aktifkan Game Launcher Samsung A33 5G

Game Booster

Game Booster adalah aplikasi yang dihadirkan Samsung untuk membantu pengguna menikmati game dengan meningkatkan kinerja perangkat saat mereka bermain.

Dengan peningkatan performa tersebut, bermain game menggunakan Samsung A34 5G menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Game Booster pada Samsung A34 5G.

· Buka aplikasi Game Launcher, lalu klik “More” atau “Lainnya” di sisi kanan bawah

· Ketuk menu “Game Booster”, lalu muncul laman “Pengaturan Game Booster”

· Klik “Lab”, kemudian aktifkan “Manajemen Performa Game Alternatif”

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia

Kemudian, agar bermain game terasa nyaman, pengguna dapat pula memblokir notifikasi pada Samsung Galaxy A34 5G. Caranya adalah sebagai berikut.

· Buka aplikasi Game Launcher, lalu klik “More” atau “Lainnya” di sisi kanan bawah

· Ketuk menu “Game Booster”, lalu muncul laman “Pengaturan Game Booster”

· Klik “Blokir Selama Game Berlangsung”, kemudian klik “Notifikasi”

Tangkapan layar langkah-langkah memblokir notifikasi lewat Game Launcher Samsung A33 5G.Dok. KOMPAS.com/Yakob Arfin Tangkapan layar langkah-langkah memblokir notifikasi lewat Game Launcher Samsung A33 5G.

Selain notifikasi, pengguna dapat pula memantau suhu dan memori, mengunci tombol navigasi, mengunci layar sentuh, membuat tangkapan layar, dan merekam video saat memainkan game.

Bagaimana? Tertarik dengan Samsung Galaxy A34 5G untuk memainkan mobile game? Untuk informasi lebih lengkap terkait ponsel itu, Anda bisa mengeklik tautan berikut.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com