Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Klaim Performa Konsol Genggam ROG Ally Dekati PS5

Kompas.com - 23/06/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus Indonesia mengeklaim performa konsol gaming portabel (handheld) terbarunya, yaitu ROG Ally mendekati salah satu konsol game terbaru saat ini, yaitu PlayStation 5 (PS5). 

Hal ini disampaikan Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Utomo, dalam acara perkenalan ROG Ally di Indonesia yang digelar di Hotel Alila SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2023) kemarin. 

Disebut nyaris setara PS5 karena konsol handheld yang mendukung sistem operasi (OS) Windows 11 itu, terutama model ROG Ally Z1 Extreme, memiliki tenaga komputasi grafis mencapai 8,6 Teraflops (TFLOPs).

Sementara itu, PS5 memiliki kemampuan grafis mencapai 10,3 TFLOPs, 1,7 TFLOPs lebih rendah dibanding ROG Ally.

Baca juga: Asus ROG Ally Versi Mahal Duluan Masuk Indonesia, Versi Murahnya Kapan?

"Jadi, secara kemampuan, ROG Ally itu memiliki komputasi grafis sekitar 85 persen dari PS5," klaim pria yang akrab disapa Danu ini kepada KompasTekno.

Ilustrasi performa grafis ROG Ally yang mendekati PS5.Asus Ilustrasi performa grafis ROG Ally yang mendekati PS5.

Wajar saja performa konsol gaming handheld yang mendukung sistem operasi (OS) Windows 11 ini disebut nyaris setara dengan PS5.

Sebab, PS5 dibekali dengan pengolah grafis (GPU) AMD RDNA 2 yang memiliki compute units (CU) 36 unit dengan kecepatan masing-masing CU hingga 2,23 GHz.

Di sisi lain, ROG Ally menggunakan GPU AMD generasi terbaru, yaitu RDNA 3 yang bisa dibilang lebih mumpuni dari RDNA 2. Hanya saja, jumlah CUs di ROG Ally ini lebih sedikit dengan 12 unit, namun kecepatannya meningkat hingga 2,7 GHz. 

Selain sesumbar ROG Ally Z1 Extreme memiliki performa nyaris setara dengan PS5, Danu juga membandingkan performa konsol gaming handheld tersebut dengan konsol game handheld lainnya. 

Baca juga: Asus Nekat Jual ROG Ally Rp 10 Jutaan di Indonesia, Ini Alasannya

"ROG Ally Z1 Extreme jauh lebih mumpuni dari ROG Ally Z1 (2,8 TFLOPs), Steam Deck (1,6 TFLOPs), dan Nintendo Switch (0,39 TFLOPs)," tutur Danu. 

Bagian belakang Asus ROG Ally.KOMPAS.com/Bill Clinten. Bagian belakang Asus ROG Ally.

Di samping mirip PS5, Danu juga mengeklaim bahwa ROG Ally Z1 Extreme menetapkan standar baru untuk bermain game di 1080p di perangkat konsol gaming handheld. 

"Sebelum ada ROG Ally, konsol gaming handheld biasanya hanya bisa bermain game 720p dengan frame rate 25-30 FPS. Namun dengan ROG Ally, perangkat ini bisa memainkan game 1080p dengan frame rate 50-60 FPS," pungkas Danu. 

Seperti disebutkan di atas, di Indonesia, ROG Ally hadir dalam dua model yaitu ROG Ally Z1 dan ROG Ally Z1 Extreme. Harga kedua perangkat tersebut adalah sebagai berikut:

  • ROG Ally Z1: Rp 10.099.000 (16 GB/512 GB)
  • ROG Ally Z1 Extreme: Rp 11.299.000 (16 GB/512 GB)

ROG Ally Z1 Extreme bisa dipesan mulai 27 Juni 2023, sedangkan ROG Ally Z1 "reguler" bakal bisa dipesan sekitar kuartal III (Juli-September) tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com