Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Resmi Konsol Game Asus ROG Ally di Indonesia, Mulai Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 22/06/2023, 12:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus akhirnya mengumumkan harga resmi konsol portabel (handheld) ROG Ally di Indonesia. Ada dua model ROG Ally yang dibawa Asus ke Indonesia, yaitu ROG Ally Z1 "reguler" dan ROG Ally Z1 Extreme.

Harga resmi Asus ROG Ally di Indonesia sama seperti "bocoran" yang sempat diumumkan di media sosial Asus Indonesia beberapa waktu lalu, yaitu sebagai berikut:

  • Harga Asus ROG Ally Z1: Rp 10.099.000 (16 GB/512 GB)
  • Harga Asus ROG Ally Z1 Extreme: Rp 11.299.000 (16 GB/512 GB)

Head of Public Relation Asus Indonesia, Muhammad Firman, mengatakan bahwa perangkat gaming Windows 11 ini bisa dipesan di Indonesia pada 27 Juni - 8 Juli 2023 mendatang.

Baca juga: Bocoran Tampang Asus Zenfone 10, Masih Sama dengan Zenfone 9?

"Namun, ini hanya khusus ROG Ally Z1 Extreme saja, pemesanan ROG Ally Z1 model biasa akan menyusul di hari mendatang," ujar Firman dalam acara Media Gathering Asus ROG Ally yang digelar di Hotel Alila SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2023).

Dengan konsol ROG Ally, Firman menjelaskan bahwa Asus ingin mencari potensi cuan dari tiga pasar game berbeda di Indonesia, yaitu pasar game PC, mobile, dan konsol.

"Saat ini, orang membutuhkan perangkat berbeda jika ingin memainkan game PC, mobile, atau konsol. Kini, ROG Ally bisa mendukung tiga platform atau pasar game yang berbeda hanya dalam satu perangkat," jelas Firman.

"Hal ini juga yang membuat kami terjun ke pasar portable gaming dengan ROG Ally di Indonesia," imbuh Firman.

Bagian belakang Asus ROG Ally.KOMPAS.com/Bill Clinten. Bagian belakang Asus ROG Ally.

Perbedaan ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme

Seperti disebutkan di atas, di Indonesia, perangkat gaming Windows 11 ini terdiri dari dua model yaitu ROG Ally Z1 dan ROG Z1 Extreme. Kedua perangkat ini sebenarnya memiliki desain dan spesifikasi serupa.

Perbedaan hanya terletak di chipset yang diusung, di mana ROG Ally Z1 menggunakan Ryzen Z1, sedangkan ROG Ally Z1 Extreme memakai Ryzen Z1 Extreme.

Sisi kanan Asus ROG Ally dengan tombol AB XY dan satu joystick.KOMPAS.com/Bill Clinten. Sisi kanan Asus ROG Ally dengan tombol AB XY dan satu joystick.

AMD Ryzen Z1 dibekali dengan prosesor (CPU) Zen 4 yang terdiri dari 6 inti (core) dan 12 threads, serta 3 unit pengolah grafis (GPU) berbasis RDNA 3. Di sisi lain, AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki CPU Zen 4 dengan 8 core dan 16 threads. serta 12 unit GPU RDNA 3.

Di atas kertas, AMD Ryzen Z1 menawarkan performa pemrosesan hingga 2,8 teraflops, sedangkan versi "Extreme" menawarkan performa hingga 8,6 teraflops.

Ini artinya, ROG Ally Z1 Extreme memiliki performa dan kinerja pemrosesan yang sedikit lebih unggul dibanding ROG Ally Z1 biasa.

Baca juga: Membandingkan Konsol Handheld Steam Deck Vs Asus ROG Ally, Apa Saja Bedanya?

"Performa ROG Ally Z1 Extreme ini nyaris mendekati PS5 dengan kemampuan 10,3 teraflops," klaim Riandanu Utomo, Technical Public Relations Asus Indonesia di kesempatan yang sama.

Terlepas dari perbedaan tersebut, kedua konsol portabel ini kompak bisa bisa dipasang GPU eksternal Asus XG Mobile berkat slot khusus yang tersedia pada konsol.

Asus ROG Ally.KOMPAS.com/Bill Clinten. Asus ROG Ally.

Mirip konsol portabel Steam Deck

Beralih ke aspek desain, Asus ROG Ally, baik model Z1 maupun Z1 Extreme, memiliki desain serupa dengan Steam Deck. Sehingga ROG Ally digadang menjadi pesaing dari konsol buatan Steam tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com