Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Ada SSD Samsung Palsu yang Lebih Pelan dari Flashdisk

Kompas.com - 11/07/2023, 13:40 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Harga media penyimpanan solid-state drive alias SSD sedang tiarap karena lesunya angka permintaan chip memori flash. Namun, jangan gampang tergiur banderol murah, salah-salah malah bisa mendapat barang palsu yang mengecewakan.

Misalnya seperti dijumpai oleh overclocker kenamaan sekaligus YouTuber teknologi Roman "der8auer" Hartung, yang coba membeli sebuah SSD NVMe bernama "Samsung 980 EVO 4 TB" dari marketplace China, Aliexpress.

Harga drive yang ternyata palsu tersebut menggiurkan, yakni hanya 40 euro atau sekitar Rp 670.000 untuk kapasitas 4 TB. Sebagai perbandingan, harga SSD NVMe Samsung 980 PRO 2 TB di Indonesia berada di kisaran Rp 2-3 jutaan.

Baca juga: Pria Selundupkan SSD Senilai Rp 500 Juta, Ketahuan gara-gara Buncit

Selain terlalu murah, dari namanya saja sebenarnya SSD ini sudah mencurigakan. Sebab Samsung tidak pernah memiliki lini produk NVMe bernama "980 EVO", apalagi sampai berkapasitas 4 TB.

Di kemasan juga tertera sejumlah keterangan yang keliru untuk kategori produknya, seperti dihimpun KompasTekno dari video pengujian yang diunggah oleh Hartung ke kanal YouTube miliknya, Selasa (11/7/2023).

Dari pengujian Crystal Disk Mark, SSD palsu di tangan Hartung memiliki kecepatan sangat lambat.www.youtube.com/@der8auer-en Dari pengujian Crystal Disk Mark, SSD palsu di tangan Hartung memiliki kecepatan sangat lambat.
Ketika diinspeksi dengan software Crystal Disk Info, SSD disebutkan memang benar memiliki kapasitas 4 TB (4096 GB).

Namun, ketika Hartung memverifikasi kapasitasnya dengan software H2test, ditemukan bahwa kecepatan tulisnya hanya 37 MB per detik setelah melewati 100 GB pertama.

Padahal, SSD NVMe Samsung seri 980 yang asli memiliki kecepatan tulis lebih dari 1 GB per detik untuk model terendah sekalipun.

Pengujian dengan Crystal Disk Mark pun menunjukkan bahwa kecepatan SSD palsu di tangannya hanya sekitar 36 MB per detik untuk read dan kurang dari 1 MB per detik untuk write , atau jauh lebih pelan dibanding kebanyakan flash disk USB 3.0 sekalipun.

Selain SSD NVMe Samsung palsu, Hartung juga membeli sejumlah storage lain yang sama-sama mencurigakan, termasuk "SSD eksternal" yang setelah dibongkar ternyata berisi kartu memori microSD yang ditancapkan ke adapter.

Baca juga: Beli Hard Disk Eksternal di Tokopedia, Ternyata Isinya Flash Disk

Modus penipuan dengan membuat media penyimpanan palsu sebenarnya sudah lama ditemukan di dunia komputer. Salah satu satu yang sering dijumpai adalah "harddisk eksternal" berisi flash disk dan pemberat.

Merek storage terkenal seperti Samsung kerap dijadikan target pemalsuan. Sebelumnya, pada Maret lalu juga pernah ditemukan SSD Samsung 980 Pro palsu yang tampilan fisiknya sekilas meyakinkan, tapi kinerjanya jauh di bawah barang asli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com