Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nothing Phone (2) Meluncur, HP Android Futuristis dengan Upgrade Chip

Kompas.com - 12/07/2023, 09:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Nothing resmi meluncurkan ponsel terbarunya bernama Nothing Phone (2) secara global pada 11 Juli 2023. Ponsel ini merupakan suksesor dari ponsel Nothing Phone (1) yang dirilis Juli 2022, dengan upgrade chipset.

Sebagai penerus, Nothing Phone (2) masih membawa desain bodi mirip pendahulunya, yakni bernuansa futuristis dengan dengan strip lampu LED. Namun, kini strip lampu dengan sistem Glyph Interface terdiri dari 11 strip LED dengan total 33 titik pencahayaan.

Fungsi lampu strip LED pada Nothing Phone (2) juga ditingkatkan. Misalnya, kini lampu akan menyala ketika pengguna mengatur volume suara, menyalakan timer, serta notifikasi untuk aplikasi tertentu.

Baca juga: Vendor Ponsel Nyentrik Nothing Dapat Suntikan Dana Rp 1,4 Triliun

Fungsi itu melengkapi fitur sebelumnya di mana strip LED akan berkedip ketika ponsel berdering, mengetahui persentase baterai ketika mengisi daya, serta penanda ketika melakukan pengisian nirkabel (wireless).

Perusahaan bikinan mantan bos OnePlus, Carl Pei, ini juga membuka akses API (Application Programming Interface) sistem interface untuk pengembang aplikasi untuk skenario penggunaan lainnya.

Spesifikasi Nothing Phone (2)

Nothing Phone (2) resmi meluncur dengan harga mulai Rp 9 juta.GSMArena Nothing Phone (2) resmi meluncur dengan harga mulai Rp 9 juta.
Nothing Phone (2) juga membawa peningkatan spesifikasi dibandingkan Nothing Phone (1). Misalnya, layar yang lebih besar, kamera depan dengan resolusi lebih tinggi, chipset lebih canggih, baterai lebih besar, dan fitur pengisian cepat (fast charging) lebih ngebut.

Untuk spesifikasi layarnya, Nothing Phone (2) mengusung panel OLED beresolusi Full HD Plus dengan refresh rate adaptif 1-120 Hz.

Layar itu memiliki punch hole yang menampung kamera depan 32 MP dengan sensor Sony IMX615 serta mendukung perekaman Full HD (1080p) dengan frame rate 60 fps. Resolusi ini naik dari sebelumnya 16 MP.

Baca juga: Pendiri OnePlus Carl Pei Mengundurkan Diri

Untuk kamera belakang, Nothing Phone (2) dibekali kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX890, OIS) dan kamera ultrawide 50 MP.

Di sektor hardware, Nothing Phone (2) diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, lebih canggih dari chipset Snapdragon 778G+ pada Nothing Phone (1).

Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dipadukan dengan RAM 8/12 GB serta penyimpanan media 128/512 GB.

Untuk daya, Nothing Phone (2) ditopang baterai 4.700 mAh dengan fast charging 45 watt dengan kabel dan 15 watt nirkabel alias wireless charging. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisi sistem antarmuka Nothing OS 2.0.

Nothing Phone (2) dipasarkan dalam varian warna putih dan abu-abu tua. Adapun harga Nothing Phone (2) adalah sebagai berikut:

  • Nothing Phone (2) (8/128 GB) - 599 dollar AS (sekitar Rp 9 juta)
  • Nothing Phone (2) (12/256 GB) - 699 dollar AS (sekitar Rp 10,5 juta)
  • Nothing Phone (2) (12/512 GB) - 799 dollar AS (sekitar Rp 12 juta)

Ponsel ini bakal dijual di sejumlah negara Eropa, Amerika Serikat, Kanada, India, Australia, dan beberapa wilayah lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (12/7/2023).

Belum ada informasi soal ketersediaan Nothing Phone (2) ini di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com