Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Kompas.com - 23/07/2023, 18:47 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan iPhone agar awet. Salah satunya seperti mengetahui cara cas iPhone yang benar. Cara cas iPhone benar perlu diketahui untuk menjaga battery health iPhone.

Untuk diketahui, kesehatan baterai atau battery health iPhone adalah durasi baterai bisa dipakai atau kemampuan baterai menyimpan daya sebelum perlu dicas kembali. Battery health iPhone pada dasarnya bakal menurun seiring lama pemakaian perangkat.

Baca juga: Ramai soal iPhone dengan IMEI Terdaftar di Kemendikbud, Jangan Asal Percaya!

Kandungan kimia di baterai iPhone yang berjenis Lithium-ion (Li-ion) bisa aus secara perlahan, sehingga kemampuannya menyimpan daya juga bisa berkurang. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, battery health iPhone bisa berkurang drastis.

Salah satu penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis adalah terdapat kesalahan dalam hal pengisian daya. Lantas, bagaimana agar baterai health iPhone tidak cepat turun? Agar battery health tak turun drastis, pengguna perlu mengetahui cara cas iPhone yang benar.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa cara cas iPhone yang benar agar battery health tak turun drastis.

Cara cas iPhone yang benar untuk menjaga battery health

1. Selalu gunakan cas asli

Cara cas iPhone yang benar agar battery health tak turun drastis yang pertama adalah selalu menggunakan cas asli. Perangkat cas asli didesain untuk memiliki output tegangan listrik yang sesuai dengan kemampuan baterai.

Sementara itu, perangkat cas yang tidak asli tak bisa dipastikan apakah memiliki output tegangan yang sesuai dengan kemampuan betari atau tidak. Tegangan listrik yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kemampuan baterai dapat membuat kesehatannya berkurang.

2. Hindari cas iPhone dengan paparan suhu panas

Dikutip dari laman resmi Apple, suhu panas ekstrem dapat menjadi penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis. iPhone didesain untuk dapat bekerja dengan optimal pada rentang suhu 16 derajat hingga 22 derajat Celcius.

Membiarkan iPhone terpapar suhu lebih dari 35 derajat celcius bakal mempercepat penurunan kesehatan baterainya. Dengan peringatan ini, pengguna tidak disarankan untuk melakukan pengisian daya iPhone dengan terpapar suhu panas.

Suhu panas itu bisa datang dari berbagai sumber, misalnya dari faktor cuaca, kondisi lingkungan sekitar, atau aktivitas pengguna dalam memakai iPhone. Sumber suhu panas sebaiknya dihindari ketika cas iPhone agar battery health tak turun drastis.

3. Jangan cas sambil main iPhone

Cara cas iPhone yang benar ketiga adalah jangan cas sambil main iPhone. Ketika pengguna memakai iPhone seperti untuk bermain game atau menjalankan aplikasi berat lain, sembari dicas, temperaturnya bisa meningkat menjadi panas sekali.

Sebagaimana dijelaskan di atas, suhu panas bisa merusak kesehatan baterai dengan cepat. Oleh karena itu, pengguna sangat disarankan untuk tidak melakukan pengisian daya sembari mengoperasikan iPhone agar kesehatan baterainya tak turun drastis.

4. Lepaskan case saat cas iPhone

Keempat, pengguna juga disarankan untuk melepaskan case atau pelindung iPhone saat melakukan pengisian daya. Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup case dapat menumpuk suhu panas berlebih, yang akhirnya membuat battery health turun drastis.

Baca juga: Cara Memblokir Kontak dan Nomor Telepon di iPhone dengan Mudah

5. Cas iPhone hanya sampai 80 persen

Untuk menjaga battery health, ada salah satu saran yang cukup umum didengar, yaitu pengguna sebaiknya cas iPhone hanya sampai 80 persen. Lantas, kenapa cas iPhone hanya sampai 80 persen?

Saran cas iPhone hanya sampai 80 persen itu dapat dilakukan ketika iPhone sedang dipakai secara intensif. Saat dipakai intensif, suhu iPhone bakal meningkat. Dalam kondisi itu, bila dicas terlalu lama hingga penuh, suhunya bisa meningkat lebih panas lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com