Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Battery Health iPhone, Penting buat Mengetahui Kondisi Baterai

Kompas.com - 07/08/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu tahu cara cek battery health iPhone. Sebagai informasi, kesehatan baterai atau battery health iPhone adalah durasi baterai bisa dipakai atau kemampuan baterai menyimpan daya sebelum habis dan perlu dicas kembali.

Cek kesehatan baterai iPhone biasanya diperlukan ketika pengguna hendak membeli iPhone, terutama iPhone bekas pemakaian. Sebab, iPhone bekas idealnya sudah dipakai oleh pengguna lama dan kesehatan baterainya bisa tak optimal lagi.

Baca juga: Penyebab Battery Health iPhone Turun Drastis, Perhatikan agar Baterai Awet

Selain itu, cek kesehatan baterai iPhone biasanya juga dibutuhkan untuk merawat baterai selama pemakaian sehari-hari. Battery health iPhone dapat menentukkan kapan pengguna harus mengganti atau servis komponen baterai.

Tingkat battery health iPhone diindikasikan dengan persentase dari skala 0-100 persen. Semakin tinggi persentase kesehatan baterai maka iPhone bisa dipakai dengan lama waktu yang optimal. Bila battery health masih tinggi, pengguna tak perlu ganti baterai iPhone baru.

Sebaliknya, jika persentase kesehatan baterai rendah maka iPhone bisa dengan cepat kehabisan baterai. Bahkan, iPhone dapat mati secara tiba-tiba. Bila tak mampu lagi menyimpan daya secara optimal, artinya pengguna perlu mengganti komponen baterainya.

Mengingat battery health penting untuk mengetahui kondisi baterai, pengguna perlu memahami cara cek battery health iPhone. Oleh karena itu, artikel ini bakal membahas mengenai cara cek battery health iPhone.

Lantas, bagaimana cara mengecek kesehatan baterai iPhone? Cara cek battery health iPhone itu cukup mudah. Pengguna bisa melakukannya via menu pengaturan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara cek kesehatan baterai iPhone.

Cara cek battery health iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih menu pengaturan “Baterai”.
  • Kemudian, pilih opsi “Kesehatan Baterai”.
  • Pada opsi itu, pengguna bakal disajikan dengan informasi persentase kesehatan baterai iPhone atau kapasitas maksimum baterai menyimpan daya. Selain itu, terdapat pula informasi kondisi baterai apakah mendukung dapat mendukung kinerja optimal atau tidak.

Ilustrasi cara cek battery health iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek battery health iPhone.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Cukup mudah bukan cara cek battery health iPhone? Dengan cek kesehatan baterai iPhone, pengguna dapat mengetahui kondisi baterainya, apakah masih layak untuk dipakai atau sudah harus diganti dengan yang baru.

Jika rencananya adalah untuk membeli iPhone bekas, pastikan iPhone tersebut memiliki kesehatan baterai yang masih bagus, sehingga iPhone dapat dipakai optimal dan pengguna tak perlu melakukan servis baterai.

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek battery health iPhone. Sementara itu, sebenarnya berapa persen kesehatan baterai iPhone yang baik? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Battery health iPhone yang baik

Dikutip dari laman resmi Apple, baterai yang normal didesain untuk bisa menyimpan daya hingga 80 persen dari kapasitas awalnya di 500 siklus pengisian ulang lengkap. Untuk diketahui, 1 siklus itu dihitung ketika pengguna telah menghabiskan baterai 100 persen.

Akan tetapi, proses menghabiskan 100 persen daya itu tidak berarti dilakukan dalam satu kali pemakain. Misalnya, pengguna telah memakai iPhone dan menghabiskan baterai 75 persen, kemudian dicas hingga 100 persen.

Setelah penuh, pengguna kembali memakainya dan menghabiskan baterai 25 persen. Dua kali pemakaian baterai yang menghabiskan total 100 persen baterai itu dihitung menjadi 1 siklus pengisian ulang lengkap.

Baterai dikatakan normal jika dapat menyimpan daya hingga 80 persen di 500 siklus pengisian ulang lengkap. Itu berarti kemampuan baterai menyimpan daya atau battery health iPhone yang baik berada di angka 80 persen.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Biasanya, ketika battery health iPhone berada di bawah 80 persen, sistem bakal memperingatkan pengguna untuk ganti atau servis komponen baterai. Itulah penjelasan mengenai battery health iPhone yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com