Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Ini Sudah Lama Ada di Android, tapi Baru Muncul di iOS 17

Kompas.com - 14/08/2023, 12:31 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mengumumkan sistem operasi (OS) terbarunya, iOS 17 pada Juni lalu. Sebagai OS terkini, iOS 17 tentunya membawa sejumlah fitur anyar.

Dari serangkaian fitur baru yang di bawa iOS 17, salah satunya ternyata sudah lama hadir di OS Android. Fitur tersebut adalah "multi timer", yang memungkinkan pengguna menyetel beberapa penghitung waktu (timer) sekaligus.

Fitur ini sudah tersedia di Android sejak lama. Namun, tidak disebutkan alasan mengapa Apple baru merilis fitur ini di iOS 17.

Cara mengakses dan mengatur timer di iOS 17 juga serupa dengan di OS Android. Di smartphone Android, pengguna dapat mengakses aplikasi Clock dan mengeklik menu "Timer" di bawah layar. Atur durasi waktu yang diinginkan, dan klik "Start".

Ketika timer disetel, pengguna bisa menambah pengaturan waktu lagi dengan mengeklik ikon plus (+) di bagian atas kanan layar.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

Setelah beberapa timer dijalankan sekaligus, durasi waktu yang tersisa bisa diakses dengan menggeser timer ke arah kanan atau kiri. Timer juga bisa dipantau walau dalam kondisi terkunci.

Ikon timer ini juga bisa diklik di lock screen. Ikon tersebut akan menampilkan waktu dari keseluruhan timer yang dibuat. Namun, jika timer yang di atur lebih dari dua, pengguna harus menggeser layar ke bawah untuk membuka jendela notifikasi.

Nah, tampilan saat menyetel timer dan informasi di lockscreen ini yang berbeda. Timer di iOS 17 punya tampilan lebih ringkas. Informasi timer tersebut akan muncul dalam bentuk daftar yang memanjang ke samping (horizontal). Berikut adalah contohnya.

Tampilan fitur timer yang baru di iOS 17Phone Arena Tampilan fitur timer yang baru di iOS 17
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, penyetelan beberapa timer juga bisa muncul di layar smartphone saat dalam keadaan terkunci. Bedanya, notifikasi yang muncul bisa menampilkan lima timer sekaligus yang sedang berjalan. Lebih banyak daripada Android.

Pengguna perangkat dengan iOS 17 juga dapat meminta bantuan asisten virtual Siri untuk mengaktifkan timer kedua dan seterusnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (14/8/2023).

Walau sudah diperkenalkan secara resmi, iOS 17 saat masih dalam tahap Public Beta (uji coba untuk umum di luar pengembang). Artinya, versi stabil iOS 17 belum dirilis secara resmi kepada seluruh pengguna.

Baca juga: Sudah iOS 17, iPhone Kok Belum Bisa Pasang Aplikasi di Luar App Store?

Namun, jika fitur "multi timer" ini penting untuk Anda, Anda bisa mengunduh iOS 17 versi beta yang paling baru untuk mencobanya. Beberapa hari lalu, Apple baru saja merilis iOS 17 versi Public Beta 3.

Namun, perlu diperhatikan dampak yang bisa terjadi jika menggunakan iOS 17 versi beta, seperti aplikasi tidak berfungsi atau berjalan secara optimal, serta menurunnya masa pakai baterai harian.

Bila tertarik mengunduh iOS 17 versi beta, Anda bisa mengakses laman beta.apple.com. Selain iOS 17, pengguna juga dimungkinkan meng-install sistem operasi untuk perangkat lain, seperti iPadOS 17, macOS Sonoma (MacBook), tvOS 17, watchOS 10, hingga HomePod Software 17.

Sebelum melakukan proses install, pengguna diimbau mencadangkan (backup) data yang ada di iPhone terlebih dulu. Agar mencegah masalah kehilangan data, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com