Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Login WhatsApp di iPhone Kini Lebih Mudah, Tak Perlu Masukkan Kode OTP

Kompas.com - 26/04/2024, 12:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gadget360

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) resmi menggulirkan fitur kunci keamanan "Passkey" untuk aplikasi versi iOS (iPhone). Dengan fitur ini, pengguna tak perlu lagi memasukkan kode One-Time Password (OTP) yang biasa diterima via SMS.

Dukungan passkey untuk iOS juga diumumkan WhatsApp lewat media sosial X (dahulu Twitter).

"Passkey kini dirilis di iOS, cara yang lebih aman (dan lebih mudah) untuk login dengan Face ID, Touch ID atau kode sandi Anda," kata pihak WhatsApp di X dengan handle akun @WhatsApp.

"Bepergian? Tidak ada jaringan? Tak masalah. Passkey membantu Anda melewati kode SMS" imbuh WhatsApp dalam utasnya.

Passkey adalah mekanisme login baru pengganti kata sandi (password), yang menggunakan teknologi bikinan aliansi pembuat standar password baru, FIDO Alliance, serta raksasa teknologi seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Sebelum WhatsApp, beberapa platform sudah memanfaatkan metode passkey untuk mempermudah login tanpa password, namun tetap aman.

Baca juga: Fitur Passkey X Twitter Rilis Global, Pengguna di iPad dan iPhone Bisa Login Tanpa Password

Apabila fitur passkey diaktifkan, pengguna iPhone bisa login ke aplikasi WhatsApp menggunakan biometrik yang sudah terdaftar di ponselnya, baik itu Face ID, Touch ID, maupun PIN.

Adapun passkey dibangun dengan WebAuthn alias teknologi autentikasi web. Teknologi ini menyimpan dua kunci berbeda saat pengguna membuat passkey. Kunci pertama disimpan di situs web atau layanan terkait dan kunci lainnya disimpan di perangkat yang dipakai untuk verifikasi identitas.

Dengan begitu, pengguna bisa punya kunci cadangan, misalnya ketika perangkat rusak, karena penyimpanan kuncinya di beberapa tempat.

Cara atur passkey di WhatsApp iOS

  • Buka menu Pengaturan (Settings) WhatsApp
  • Pilih opsi Akun
  • Klik Passkey
  • Pilih opsi Buat Passkey (Create Passkey)
  • Pilih metode login yang diinginkan, misalnya Face ID atau Touch ID
  • Klik Lanjutkan

Nantinya, WhatsApp akan mengirimkan kode registrasi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik nomor telepon yang digunakan untuk login WhatsApp.

Selanjutnya, setelah mendaftarkan nomer ponsel yang digunakan untuk WhatsApp, pengguna bisa memiliki pengaturan passkey yang diinginkan untuk mempermurah verifikasi saat login.

Pengguna bisa memiliki Touch ID, Face ID, atau kode PIN ponsel. Apabila passkey sudah diatur, pengguna iPhone bisa masuk menggunakan passkey, sehingga tak perlu lagi kode OTP.

Perlu dicatat bahwa fitur passkey tersedia untuk WhatsApp iOS versi terbaru. Jadi, pastikan WhatsApp Anda merupakan versi terbaru sebelum mengaktifkan fitur tersebut.

Fitur passkey untuk WhatsApp iOS akan dirilis ke semua pengguna secara global. Namun biasanya, fitur itu dirilis bertahap, jadi ketersediaan mungkin tidak seragam di setiap wilayah.

Melansir dari laman dukungan WhatsApp, fitur ini mendukung iOS 16 dan penerusnya. Jadi, minimal model yang mendukung fitur ini adalah iPhone 8 dan penerusnya.

Baca juga: Google Bikin Kunci Password Baru dengan Passkey

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini belum hadir di iOS versi 17.4.1 di aplikasi WhatsApp versi 2.24.80.

Fitur ini sudah tersedia untuk WhatsApp versi Android, dilansir dari Gadgets360, Jumat (26/4/2024). Sementara di iOS, WhatsApp baru mengembangkannya pada Januari lalu untuk pengguna beta. Setelah tiga bulan berselang, fitur passkey akhirnya kini dirilis ke publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com