Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Meluncur, Threads Ditinggal Nyaris 80 Persen Pengguna

Kompas.com - 16/08/2023, 09:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Similarweb

KOMPAS.com - Threads, media sosial baru bikinan Meta pesaing Twitter, sudah sebulan lebih meluncur sejak dirilis pada 6 Juli lalu.

Awalnya aplikasi microblogging ini sangat populer, dibuktikan oleh jumlah penggunanya yang mencapai 100 juta hanya dalam lima hari setelah aplikasi tersebut dirilis. Akan tetapi, kepopuleran tersebut makin menurun seiring berjalannya waktu.

Menurut firma analitik trafik web, Similarweb, jumlah pengguna aktif harian Threads Instagram di dunia mencapai 49,3 juta per 7 Juli 2023. Akan tetapi, angka tersebut merosot pada Senin (7/8/2023) menjadi 10,3 juta, alias penurunan sebesar 79 persen.

Di Amerika Serikat, jumlah pengguna aktif harian tertinggi mencapai 2,3 juta pada 7 Juli, dan angka tersebut menurun menjadi 576.000 pada 7 Agustus.

Baca juga: Heboh di Awal, Threads Instagram Kini Mulai Ditinggal Pengguna

Rata-rata total waktu yang dihabiskan pengguna dunia di Threads juga menurun. Sebelumnya, total waktu yang dihabiskan pengguna harian di dunia per 7 Juli mencapai 14 menit, sedangkan pengguna Amerika Serikat menghabiskan 21 menit.

Namun demikian, angka tersebut juga menurun sebulan kemudian menjadi 3 menit saja.

Perlu dicatat bahwa data ini diperoleh dari Threads versi Android, karena data paling mendetail diperoleh dari platform tersebut. Data pengguna Threads versi web tidak dipertimbangkan, karena hanya bisa digunakan untuk membaca posting (read-only).

Sebagai perbandingan, X alias Twitter memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif di platform Android. Pengguna menghabiskan waktu sekitar 25 menit untuk berselancar di media sosial yang dimiliki Elon Musk itu.

Lebih jelasnya, pengguna bisa melihat gambar di bawah ini untuk melihat perbandingan jumlah pengguna harian Threads Instagram dan X Twitter di platform harian. Terlihat bahwa jumlah pengguna aktif X Twitter relatif konsisten sejak 5 Juli hingga 6 Agustus.

Jumlah pengguna aktif harian di X Twitter dan Threads Instagram untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023Similarweb Jumlah pengguna aktif harian di X Twitter dan Threads Instagram untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023
Sementara itu, jumlah pengguna aktif Threads Instagram sempat "meroket" pada perilisannya, tetapi kian menurun seiring berjalannya waktu.

Total waktu yang dihabiskan pengguna X Twitter dan Threads Instagram di Amerika Serikat untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023Similarweb Total waktu yang dihabiskan pengguna X Twitter dan Threads Instagram di Amerika Serikat untuk platform Android, periode 5 Juli hingga 6 Agustus 2023
Fenomena yang sama juga dicerminkan pada total waktu yang dihabiskan pengguna di Amerika Serikat, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Similarweb, Selasa (15/8/2023).

Masih bersaing

CEO Meta Mark Zuckerberg dan CEO Instagram Adam Mosseri masih mengembangkan Threads, walaupun jumlah pengguna aktif hariannya merosot. Buktinya, Threads kedatangan tiga fitur baru pada pekan lalu.

Fitur tersebut mencakup kemampuan membagikan posting Threads ke kotak pesan (direct message/DM) Instagram, dan tombol "Alt" atau alternative text untuk penulisan deskripsi foto secara manual.

Baca juga: 3 Fitur Baru Threads, Salah Satunya Bisa Share ke DM Instagram

Ada juga tombol "Mention" untuk menyebut alias mention pengguna lain ketika mengunggah posting Threads.

Ketika Threads sedang kesulitan mempertahankan jumlah pengguna aktif hariannya, X Twitter juga sedang menghadapi masalahnya sendiri.

Pasalnya, Apple mengambil potongan 30 persen untuk setiap pembelian dalam aplikasi, termasuk layanan langganan yang dijual oleh kreator di X Twitter.

Elon Musk menginginkan agar Apple hanya mengambil komisi 30 persen dari pendapatan yang diperoleh X Twitter dari kreator, bukan dari total pendapatan media sosial tersebut. Sehubungan dengan itu, Musk berencana akan berbicara dengan CEO Apple, Tim Cook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com