Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp iPhone buat Login Akun Tanpa Kode OTP

Kompas.com - 29/04/2024, 14:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp baru saja menggelontorkan fitur baru passkey untuk aplikasi versi iOS (iPhone). Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara mengaktifkan passkey di WhatsApp karena fitur ini bakal mempermudah proses login akun.

Kehadiran fitur passkey untuk iOS ini disampaikan langsung oleh WhatsApp melalui akun resminya di X (dulu Twitter). Dalam twitnya, passkey disebut dapat membuat pengguna bisa login akun WhatsApp tanpa menggunakan kode OTP yang dikirim via SMS.

Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

"Passkey kini dirilis di iOS, cara yang lebih aman (dan lebih mudah) untuk login dengan Face ID, Touch ID atau kode sandi Anda," kata pihak WhatsApp di X dengan handle akun @WhatsApp.

"Bepergian? Tidak ada jaringan? Tak masalah. Passkey membantu Anda melewati kode SMS", imbuh WhatsApp dalam utasnya.

Dengan dirilisnya fitur tersebut, pengguna sekarang bisa mengaktifkan passkey di WhatsApp untuk login tanpa kode OTP. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan passkey di WhatsAPp? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Passkey WhatsApp?

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu fungsi passkey WhatsApp. Lantas, apa itu passkey WhatsApp? Untuk diketahui, passkey merupakan sistem keamanan baru untuk login akun sebagai alternatif dari sistem keamanan password.

Sebelum passkey hadir, sebagaimana cukup umum diketahui, pengguna perlu memasukkan kata sandi atau password untuk masuk ke akun di berbagai platform. Dengan passkey, pengguna tidak perlu lagi memasukkan password.

Sistem passkey dikembangkan oleh FIDO (Fast IDentity Online) Alliance untuk menggantikan password yang lebih rentan dicuri. Passkey membuat pengguna bisa login akun menggunakan sistem keamanan yang ada di perangkat, seperti PIN, fingerprint, dan Face ID.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Passkey telah dipakai beberapa platform, seperti Google, Apple, dan Microsoft, untuk mendukung sistem login akun tanpa password. Saat ini, WhatsApp juga telah menggunakan passkey untuk login akun.

Dengan passkey, pengguna tak perlu lagi memasukkan kode OTP yang biasa dikirim WhatsApp lewat SMS. Untuk verifikasi akun WhatsApp, pengguna bisa tinggal memasukkan PIN, fingerprint, atau Face ID yang telah terdaftar.

Itulah penjelasan mengenai apa itu passkey WhatsApp. Untuk bisa login akun WhatsApp tanpa OTP, pengguna perlu mengaktifkan passkey terlebih dahulu. Penjelasan cara mengaktifkan passkey di WhatsApp bisa dibaca di bawah ini.

Cara mengaktifkan passkey di WhatsApp

Cara mengaktifkan passkey di WhatsApp itu cukup mudah. Pertama-tama, sebelum mengaktifkan passkey di WhatsApp, pengguna perlu mengaktifkan sistem keamanan di perangkat terlebih dahulu, bisa PIN, fingerprint, atau pemindai wajah.

Setelah itu, pengguna baru bisa mengaktifkan passkey di WhatsApp melalui menu pengaturan akun. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengaktifkan passkey di WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Pastikan sistem keamanan di perangkat telah aktif, bisa PIN, fingerprint, atau pemindai wajah.
  • Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, klik menu “Settings” dan pilih opsi “Passkeys”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Create Passkey”.
    Ilustrasi cara mengaktifkan passkey di WhatsApp iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan passkey di WhatsApp iPhone.
  • Setelah itu, daftarkan sistem keamanan perangkat untuk menjadi passkey pada akun WhatsApp.
  • Setelah aktif, pengguna nantinya bisa login akun WhatsApp menggunakan passkey yang sudah dibuat, tanpa perlu memasukkan kode OTP lagi.

Ilustrasi cara mengaktifkan passkey di WhatsApp iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan passkey di WhatsApp iPhone.

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan passkey di WhatsApp? Sebagai informasi, fitur passkey sudah hadir di WhatsApp Android dan iOS. KompasTekno telah mendapatkan fitur passkey di WhatsApp iOS versi 2.24.8.23.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

Jika belum mendapatkan fitur ini, harap bersabar karena kemungkinan besar masih digelontorkan secara bertahap. Selain itu, pengguna juga bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi WhatsApp.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara mengaktifkan passkey di WhatsApp buat login akun tanpa perlu lagi memasukkan kode OTP, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com