Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Pembuat Stiker Unik Pakai AI

Kompas.com - 17/08/2023, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat stiker yang unik dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif. Fitur ini kabarnya sudah hadir lewat pembaruan (update) WhatsApp Beta versi 2.23.17.14.

Menurut bocoran dari situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, sejumlah pengguna WhatsApp Beta sudah kebagian fitur stiker AI. Fitur itu muncul di tab stiker, yang berdampingan dengan menu GIF dan emoji.

Di tab stiker, terdapat menu baru berjudul "Create" (buat) yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker. Ketika menu tersebut diklik, pengguna akan diarahkan pada tampilan "Buat stiker AI" disertai kolom teks.

Nah, di kolom itu, pengguna bisa menuliskan stiker apa yang ingin dibuat dengan memasukkan prompt. Misalnya "Kucing yang tertawa di skateboard". WhatsApp kemudian akan menampilkan stiker sesuai deskripsi pengguna, dengan bantuan AI.

Baca juga: Instagram Punya Stiker Mention Grup, Tag Banyak Orang Lebih Rapi dan Aesthetic

Selanjutnya, WhatsApp bakal menampilkan satu set stiker AI sesuai perintah pengguna. Lalu pengguna bisa memilih stiker mana yang akan dibagikan.

Praktik ini sama seperti saat pengguna mengajukan pertanyaan atau perintah ke ChatGPT. Hanya saja, jawaban dari ChatGPT dalam format teks bukan stiker atau gambar.

Berdasarkan tangkapan gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, stiker AI WhatsApp tampak menarik dengan animasi yang mulus. Selain menarik, stikernya juga dibuat sesuai dengan deskripsi atau perintah pengguna.

Tangkapan gambar fitur stiker AI WhatsAppKompas.com/Lely Maulida Tangkapan gambar fitur stiker AI WhatsApp

Teknologi di balik stiker AI WhatsApp diklaim aman, karena dikembangkan oleh Meta, perusahaan induk WhatsApp. Jadi, bila pengguna mendapati stiker yang kurang sopan atau berbahaya, pengguna bisa melaporkannya.

Fitur stiker AI bakal membantu pengguna membuat stiker yang lebih personal dan relevan dengan obrolan. Dengan begitu, obrolan pengguna juga bakal lebih hidup.

Sebelumnya, pengguna memerlukan keahlian khusus atau aplikasi terpisah untuk membuat stiker. Dengan hadirnya dukungan stiker AI, nantinya semua pengguna WhatsApp bisa membuat stiker sesuai keinginan.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Pilih Stiker WA Bakal Lebih Cepat

Namun perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba. Perusahaan juga menguji fitur ini ke pengguna WhatsApp Android versi beta dalam jumlah yang terbatas. Jadi, tidak semua pengguna WhatsApp Android versi beta kebagian fitur stiker AI.

Kendati demikian, WhatsApp diyakini bakal memperluas dukungan tersebut ke lebih banyak pengguna beta dalam beberapa pekan lagi, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (17/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com