Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Telepon Tanpa Simpan Nomor

Kompas.com - 26/04/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) bakal memungkinkan pengguna menelepon pengguna lain, meskipun kontaknya tidak disimpan di ponsel.

Fitur baru WhatsApp itu masih dalam tahap pengembangan, tetapi kemunculannya sudah terlihat lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.9.28.

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WA, WhatsApp menyediakan dialer alias papan tombol panggilan.

Tampilannya mirip seperti dialer yang ada di ponsel, terdiri dari digit angka disertai abjad serta tombol telepon.

Baca juga: WhatsApp Dituduh Bocorkan Informasi Warga Palestina ke Israel, Ini Faktanya

Lewat fitur itu, pengguna bisa mengetikkan nomor kontak yang belum tersimpan tetapi terdaftar di WhatsApp, untuk melakukan panggilan.

WhatsApp kembangkan fitur dialer untuk telepon nomor yang belum disimpan di ponselWABetaInfo WhatsApp kembangkan fitur dialer untuk telepon nomor yang belum disimpan di ponsel

Dengan begitu, pengguna tidak perlu menyimpan kontak ke daftar kontak atau membuka obrolan lewat fitur chat secara manual. Selain itu, pengguna juga tidak perlu membuka dialer bawaan ponsel untuk melakukan panggilan.

Fitur itu akan berguna bagi kontak yang mungkin jarang dihubungi, atau hanya perlu dihubungi sementara saja. Misalnya ketika pengguna melakukan pembelian online untuk berkomunikasi dengan layanan pelanggan dari penjual, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membisukan Telepon WhatsApp dari Nomor yang Tidak Dikenal

Seperti panggilan WhatsApp pada umumnya, panggilan yang dilakukan dari dialer juga mengonsumsi kuota data atau WiFi pengguna. Pada aspek keamanan, WhatsApp juga memasang enkripsi end-to-end untuk fitur panggilan baik suara maupun video.

Jadi, panggilan dari dialer sedianya juga dilindungi sistem keamanan tersebut.

Namun perlu diingat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan baru akan tersedia lewat pembaruan di waktu mendatang, dilansir KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (26/4/2024).

Namun, WhatsApp belum mengumumkan kapan tepatnya fitur itu bisa dijajal publik.

Siapkan fitur Favorit

Pada bulan April ini WhatsApp juga mengembangkan lebih lanjut fitur kontak atau grup favorit. Pembaruan terbaru untuk pengguna beta Android menunjukkan adanya opsi untuk mengelola kontak favorit.

Fitur ini awalnya terendus pada Maret lalu, lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.7.18. Saat itu, terlihat adanya fitur favorit pada tab panggilan di WhatsApp.

Pada April ini, WhatsApp menyediakan opsi pengelola kontak atau grup favorit. Opsi ini tersedia dalam menu Pengaturan (Settings).

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, opsi itu berada di antara opsi "Akun" dan "Privasi". Berdasarkan deskripsinya, opsi "Favorit" akan memudahkan pengguna mencari kontak atau grup penting di WhatsApp.

WhatsApp siapkan fitur kontak favoritWABetaInfo WhatsApp siapkan fitur kontak favorit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com