Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tools AI buat Bikin Video untuk Kreator Konten Berkarya

Kompas.com - 19/08/2023, 15:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan digital membuat sebagian pengguna memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk berkarya. Salah satunya kreator konten yang mulai membuat konten-konten video.

Agar video menarik, kreator harus pintar-pintar memanfaatkan kreativitasnya. Salah satunya dengan mengedit video semenarik mungkin dengan berbagai aplikasi edit video.

Namun tak hanya menggunakan aplikasi edit video, Anda juga bisa bekreasi dengan memanfaatkan beragam tools AI untuk membuat video. Melalui tools AI pembuat video ini, Anda bisa membuat video konten lebih menarik dan cepat. Apa saja tools AI yang bisa digunakan? Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca juga: Bagaimana Sebaiknya Membuat Regulasi Artificial Intelligence?

Pictory

Pictory.aiPictory.ai Pictory.ai

Pictory cocok untuk pemula dan ahli. Anda bisa mengunggah skrip video dan Pictory akan otomatis membuat video yang disinkronkan dengan skrip yang diunggah.

Beberapa fitur utamanya meliputi skrip ke video, blog ke video, mengedit video menggunakan teks, video teks otomatis, peringkasan video. Pictory berbayar mulai dari 19 dolar AS atau berkisar Rp 288.000. Kendati demikian Anda bisa melakukan uji coba gratis. Apabila tertarik, Anda bisa mengunjungi di pictory.ai.

FlexClip

FlexClipFlexClip FlexClip

FlexClip merupakan sebuah perangkat AI pembuat video yang memungkinkan Anda menciptakan video yang mengesankan untuk berbagai keperluan. Anda bisa memanfaatkan salah satu dari banyak template yang mereka sediakan atau membuat video dari awal dengan desain eksklusif milik Anda sendiri.

Beberapa fitur yang ditawarkan mencakup kemampuan untuk menyisipkan teks dan musik ke dalam video, selain itu juga kemampuan untuk menambahkan watermark khusus untuk merek atau bisnis Anda.

Anda juga bisa memasukkan transisi dan elemen grafis bergerak ke berbagai bagian video Anda. FlexClip memiliki versi gratis dan berbayar mulai dari 9.99 dolar AS atau berkisar Rp 151.000-an. Untuk mencoba FlexClip, pengguna bisa mengunjungi flexclip.com.

Synthesia

SynthesiaSynthesia.io Synthesia

Synthesia memungkinkan pengguna menghasilkan video dengan bantuan avatar AI dalam lebih dari 60 bahasa yang berbeda. Melalui penggunaan Synthesia, Anda memiliki kemampuan untuk membuat atau menggabungkan avatar yang berfungsi sebagai "wajah" dalam video.

Nantinya avatar ini akan menyampaikan skrip yang Anda berikan dengan tujuan mengkomunikasikan pesan yang Anda ingin sampaikan. Tools AI pembuat video ini cocok untuk video pelatihan, panduan, dan berbagai keperluan pemasaran produk.

Beberapa fitur yang disediakan meliputi lebih dari 50 avatar yang beragam, 50 template yang dapat digunakan, dan avatar yang dapat disesuaikan sesuai keinginan.

Synthesia dapat digunakan berbayar mulai dari 30 dolar AS atau berkisar Rp 455.000-an. Anda bisa mencoba Synthesia di synthesia.io.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com