Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Manjakan Podcaster dengan Sejumlah Fitur Baru

Kompas.com - 24/08/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform musik alir, Spotify memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk pembuat konten podcast (podcaster).

Fitur tersebut antara lain kemampuan penyesuaian tampilan podcast di dalam platform, hasil analitik dari postingan podcast baru, alat mengedit ringkasan podcast, dan masih banyak lagi.

“Di minggu Podcast Movement ini, kami mengumumkan sejumlah pembaruan produk kepada pendengar Spotify dan meningkatkan pengalaman kreatif, memberi podcaster lebih banyak kesempatan untuk ditemui (pendengar), bertumbuh, dan dimonetisasi,” jelas Spotify di laman resminya, Rabu (23/8/2023).

Terdapat tiga aspek dari update tersebut. Pertama, podcaster dapat mengelola kehadirannya di Spotify untuk menyesuaikan tampilan kanal, memilih klip preview (pratinjau) saat konten podcast direkomendasikan kepada pengguna baru.

Baca juga: Spotify Dikabarkan PHK Karyawan Divisi Podcast

Kedua, podcaster dimungkinkan melihat hasil analitik tayangan, laporan yang eksklusif terkait kanal podcast di Spotify bisa ditemukan oleh pendengar. Ketiga, podcaster dimungkinkan mengeksplorasi cara baru untuk memonetasi konten.

Podcaster dapat mempersonalisasi menu About untuk menarik audiens baruSpotify Podcaster dapat mempersonalisasi menu About untuk menarik audiens baru

Untuk membantu podcaster mewujudkan ketiga aspek di atas, Spotify bakal melakukan beberapa penyesuaian yang baru lewat perombakan tampilan kanal Podcast. Kini, podcaster dapat mengatur sendiri menu “About” (menu baru) di kanal Spotify mereka.

Podcaster dimungkinkan mencatutkan tautan (link) akun media sosial (Instagram, YouTube, dkk) di bio Spotify, atau bahkan tautan Linktree. Supaya para pengikut atau pendengar baru bisa tetap terlibat dengan podcaster favorit mereka di media sosial/platform yang berbeda.

Di menu yang sama, menu About, podcaster juga dapat mengarahkan pendengar baru ke episode podcast terbaik. Sistem akan menampilkan satu kolom episode terbaik, berukuran lebih besar, disertai tulisan “Best place to start”.

Baca juga: Ramai TikTok Music Pesaing Spotify, Begini Tampilan dan Cara Download-nya

Di satu sisi, Spotify juga menambahkan fitur baru di menu “More like This. Podcaster dapat memanfaatkan ini untuk mempromosikan konten lain dengan tulisan “Host recommendations”.

Rekomendasi yang diberikan bisa selain podcast, seperti musik album, kumpulan playlist, hingga audiobook.

Hasil analitik lebih rinci

Fitur baru bagi podcaster di Spotify adalah dapat melihat laporan analitik yang lebih detailSpotify Fitur baru bagi podcaster di Spotify adalah dapat melihat laporan analitik yang lebih detail

Ketika kreator dimungkinkan menjangkau audiens yang baru, Spotify juga menghadirkan fitur baru lain untuk membantu podcaster melihat hasil analitik yang lebih lengkap. Agar kreator dapat memahami sejauh mana konten mereka ditemui atau didengar di platform Spotify.

Bagian menu dasbor “Spotify for Podcasters” (menu khusus untuk kreator yang mengunggah podcast), kreator dapat melihat total impresi tiap episode yang dirilis, memantau pertumbuhan konten selama 30 hari ke depan, laporan mengapa konten bisa menjadi tren, dan di mana saja tayangan tersebut dimunculkan.

Selain itu, Spotify juga menawarkan analitik monetisasi konten yang baru. Kebaruan ini ingin membantu podcaster meraup lebih banyak keuntungan, mengukur efektivitas kinerja dan iklan langganan yang ditayangkan.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (24/8/2023), alat dan laporan analitik ini akan diluncurkan sekitar September—Desember 2023. Fitur ini akan dihadirkan untuk kreator yang di-hosting ataupun tidak di-hosting di Spotify.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com