Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Musik "Get Him Back" Olivia Rodrigo Direkam dengan iPhone 15 Pro

Kompas.com - 21/09/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Penyanyi asal Amerika Serikat, Olivia Rodrigo merilis video klip untuk lagu terbarunya "Get Him Back!" dari album "GUTS". Menariknya, video ini diklaim direkam sepenuhnya menggunakan smartphone iPhone 15 Pro.

Video musik ini merupakan bentuk kerja sama antara Olivia Rodrigo dan Apple untuk mempromosikan lini iPhone 15 series.

Adapun video klip "Get Him Back!" direkam oleh sutradara Jack Begert, yang sebelumnya pernah berkolaborasi dengan musisi populer, seperti Kendrick Lamar dan Paul McCartney.

Video klip yang bercerita tentang perasaan Rodrigo yang "plin-plan" alias berubah-ubah terhadap pacarnya, memiliki latar di sebuah kamar rumah, dapur, dan jalan raya.

Perekaman dilakukan dengan berbagai teknik videografi, misalnya panning, zoom in, dan zoom out.

Baca juga: iPhone 15 Pro Sultan Dijual Rp 136 Juta

Begert banyak menggunakan teknik transisi video yang natural, sehingga perpindahan dari satu ruang ke ruang lainnya terasa mulus. Contohnya saja ketika Rodrigo berpindah dari kamar ke dapur, Begert menggunakan dinding rumah tersebut untuk melakukan transisi.

Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 ProYouTube Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 Pro
Video musik juga membawa berbagai efek visual, misalnya efek blur untuk "menutupi" tampilan fisik kekasih Rodrigo, dan efek yang menggabungkan sejumlah klip Rodrigo menjadi satu, seolah-olah ada banyak "Rodrigo" dalam satu adegan.

Nah, proses pembuatan video musik "get him back!" ini sudah dibagikan oleh Apple lewat platform video YouTube. Dalam video tersebut, pengguna bisa melihat teks "Shot on iPhone 15 Pro" (direkam dengan iPhone 15 Pro) pada detik pertama.

Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 Pro9to5Mac Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 Pro
Kemudian, terlihat smartphone iPhone 15 Pro yang dipasangkan ke gimbal eksternal. Gimbal ini digunakan agar smartphone tidak terguncang ketika melakukan perekaman video, misalnya ketika melewati kaca mobil yang pecah, melakukan zoom, dan lain sebagainya.

Dalam proses pengambilan gambar, video juga direkam menggunakan AE/AF Lock, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci fokus dan nilai eksposur kamera, ketika memotret foto atau merekam video, seperti gambar tangkapan layar di atas.

Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 ProYouTube Video musik Olivia Rodrigo berjudul get him back! direkam menggunakan iPhone 15 Pro
Dalam deskripsinya di video tersebut, Apple mengatakan bahwa proses pengambilan video musik ini mengandalkan sejumlah fitur kamera iPhone 15 Pro, seperti Pro Res 4K Log dan dukungan drive eksternal USB-C.

Baca juga: iPhone 15 Pro Punya Fitur Action Button, Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

Dengan Pro Res 4K Log, pengguna bisa memilih antara mode HDR, SDR, dan Log color encoding saat melakukan perekaman video ProRes.

Sementara itu, dukungan USB-C memungkinkan transfer data gambar dan video "mentah" (RAW) ke ekosistem Mac lebih mulus.

Untuk tahap editing, video klip ini disunting secara terpisah menggunakan Mac. Akan tetapi, Apple tidak menjelaskan proses pengeditan tersebut.

Tidak banyak rincian proses syuting yang dibagikan Apple. Misalnya, berapa unit iPhone 15 Pro yang digunakan, apa saja alat pendukungnya, serta berapa lama proses pengambilan gambar dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com