Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menghasilkan Penghasilan Tambahan dari Instagram

Kompas.com - 08/10/2023, 13:31 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram memungkinkan pengguna mengunggah berbagai momen video dan foto. Selain sebagai media ekspresi dan refreshing, Instagram bisa dimanfaatkan sebagai pengguna untuk menambah penghasilan. Salah satunya dengan menjadi kreator konten Instagram.

Kreator Instagram dapat memanfaatkan fitur-fitur Instagram untuk membuat konten lebih kreatif sesuai dengan tema dan kreasi sendiri. Kreator juga berkesempatan bisa menghasilkan penghasilan tambahan lewat Instagram.

Beberapa di antaranya dengan mendaftar sebagai afiliator produk dari beberapa marketplace, endorse produk dan bermitra dengan berbagai brand, hingga memanfaatkan fitur gift Instagram.

Selengkapnya berikut ini penjelasan mengenai tips dan cara menghasilkan penghasilan tambahan dari Instagram.

Baca juga: Kreator Indonesia Kini Bisa Dapat Saweran lewat Instagram Gifts

Kreator mendaftar sebagai afiliator

Saat ini beberapa e-commerce menyediakan beragam program afiliaor. Kreator yang mendaftar sebagai affiliate dapat mempromosikan produk dari beberapa marketplace. Produk yang dipromosikan lewat konten nantinya bisa disematkan pada link di bio Instagram.

Nantinya audiens yang ingin membeli produk yang telah dipromosikan kreator bisa menuju link di bio untuk kemudia melakukan transaksi di e-commerce. Salah satu penyedia program afiliator adalah Shopee.

Apabila Anda penasaran bagaimana cara mendaftar Shopee Affiliate, dapat menuju artikel “Cara Daftar Shopee Affiliate via HP untuk Penghasilan Tambahan.”

Bermitra dengan brand/endorse

Kreator Instagram yang telah memiliki pengikut dan konten-konten yang sudah terpercaya biasanya dapat bekerjasama dengan beberapa brand atau merek tertentu. Sistem kolaborasi dan kerjasama inilah yang biasanya dipatok dengan fee atau harga tertentu.

Anda yang telah dipercaya dapat mempromosikan brand atau merek tertentu dapat membuat rate card atau harga tertentu dalam mempromosikan produk dari brand tertentu.

Sebagian kreator konten cukup mengandalkan cari ini dalam menambah penghasilan. Terlebih lagi bagi kreator yang sudah memiliki kepercayaan tertentu dari beberapa brand dan pengikut yang cukup banyak.

Instagram Gift

Fitur Instagram Gift memungkinkan kreator menerima gift berupa stiker yang dapat diuangkan mirip dengan fitur koin TikTok saat live. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak November 2022 namun hanya terbatas pada kreator di Amerika Serikat.

Fitur ini diwakili dengan ikon yang dapat ditemui di konten Reels kreator yang terletak di username pengguna. Ketika diklik, pengguna akan melihat enam jenis stiket yang berbeda, mulai dari 10 bintang hingga paling tinggi 300 bintang.

Untuk memberikan hadiah stiker, pengguna perlu membelinya dengan bintang pula. Pengguna perlu isi saldo bintang dengan mengeklik "add to balance".

Kendati demikian kreator yang ingin mengaktifkan dan menggunakan fitur ini harus memenuhi beberapa syarat, seperti memiliki akun Instagram profesional, memiliki lebih dari 5.000 pengikut, berusia di atas 18 tahun, dan memenuhi kebijakan monetisasi mitra.

Ulasan selengkapnya terkait fitur gift Instagram dapat menuju artikel “Kreator Indonesia Kini Bisa Dapat Saweran lewat Instagram Gifts”.

Baca juga: Cara Repost Instagram Story Terbaru, Full Screen dan Lebih Rapi

Demikian ulasan mengenai beberapa tips menghasilkan pendapatan tambahan dari Instagram dengan menjadi kreator konten. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com