Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Snapdragon 8 Gen 3 Pertama Meluncur Akhir Bulan Ini?

Kompas.com - 13/10/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone terbarunya, yakni Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Walau belum dikonfirmasi secara resmi, duo ponsel kelas atas tersebut diyakini akan meluncur pada 27 Oktober 2023.

Media China IT Home mengabarkan sejumlah blogger di Weibo mengungkap tanggal peluncuran tersebut. Bahkan staf toko Xiaomi juga disebut membenarkannya.

Kedua model Xiaomi 14 series konon akan ditenagai chipset besutan Qualcomm generasi terbaru, yakni Snapdragon 8 Gen 3.

Chipset ini baru saja dirilis Qualcomm pada acara “Snapdragon Summit” yang digelar di Hawaii, AS pada Rabu (25/10/2023) dini hari WIB.

Baca juga: Xiaomi 13T: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Bocoran tampilan Xiaomi 14 ProGizmoChina Bocoran tampilan Xiaomi 14 Pro
Dikarenakan Xiaomi 14 diyakini meluncur 27 Oktober atau setelah acara Snapdragon Summit, sejumlah pihak pun berspekulasi bahwa Xiaomi 14 bakal ditenagai oleh SoC Snapdragon 8 Gen 3.

Jika prediksi ini benar, maka Xiaomi akan menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 3.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14 Pro

Xiaomi 14 Pro disebut datang dengan layar yang luas serta bezel (bingkai layar) yang tipis di keempat sisinya. Menurut pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, tipisnya bezel layar dapat meningkatkan pengalaman menggulir dan menonton di layar.

Bocoran desain punggung Xiaomi 14 ProGizmoChina Bocoran desain punggung Xiaomi 14 Pro

Layar juga akan mengadopsi model curved screen, yakni melengkung di bagian kanan dan kirinya. Tipikal layar dari smartphone kelas atas (premium). Poni Xiaomi 14 Pro berjenis punch hole dan terletak di tengah atas layar.

Xiaomi 14 Pro akan mengadopsi bahasa desain yang mirip Xiaomi 13. Dari render tiga dimensi (3D) yang terungkap, bagian belakangnya terdapat modul kamera berbentuk persegi yang lebih menonjol dari cangkang.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14

Soal kamera, Xiaomi 14 dikabarkan berkolaborasi dengan pabrikan kamera asal Jerman, Leica. Perangkat kabarnya akan datang dengan tiga lensa yang berbeda-beda,.

Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.28) dan memiliki sensor yang lebih besar daripada pendahulunya, Xiaomi 13. Xiaomi 14 disebut-sebut memiliki lensa telefoto dengan kemampuan zoom optik 5x dan kamera ultrawide.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (13/10/2023), Xiaomi 14 Pro bakal punya desain yang mirip dengan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Sebab, ponsel garapan Xiaomi itu juga turut mengadopsi bingkai titanium dan fitur konektivitas satelit.

Baterai yang dimiliki bakal berkapasitas 4.860 mAh, mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 90 watt, dan pengisian daya nirkabel (wireless) 50 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14 dan dipoles dengan antarmuka MiUI 15.

Kedua ponsel juga sudah terdaftar di dokumen listing China, TENAA. Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro masing-masing datang dengan nomor model 23127PN0CC dan 23116PN5BC.

Perlu digarisbawahi bocoran spesifikasi di atas bersifat rumor dan ada kemungkinan berubah di masa mendatang. Namun, dengan kemunculan Xiaom 14 series di situs TENAA, sepertinya perangkt bakal segera diluncurkan dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com