Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Hasil Kamera Xiaomi 13T, Lokasi Sudut Kota Berlin Malam Hari

Kompas.com - 03/10/2023, 19:45 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi 13T dibekali dengan berbagai fitur fotografi mumpuni yang ditenagai dengan sistem kamera dari teknologi Leica.

Tak hanya pemotretan siang hari, kamera ponsel ini juga bisa dibilang bagus digunakan untuk pemotretan malam hari. 

Setidaknya begitu menurut pengujian KompasTekno, yang memakai kamera Xiaomi 13T untuk memotret sejumlah sudut kota Berlin, Jerman di malam hari.

Untuk mode pemotretan menggunakan kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), Xiaomi 13T mampu menghasilkan foto yang cukup terang di kondisi minim cahaya. 

Baca juga: Xiaomi 13T Mulai Dijual di Indonesia Hari Ini, Ini Link Penjualannya

Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T mode malam. BIsa dilihat, tulisan yang ada di pintu masuk bangunan yang ada di dalam foto masih bisa dibaca dengan cukup jelas. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T mode malam. BIsa dilihat, tulisan yang ada di pintu masuk bangunan yang ada di dalam foto masih bisa dibaca dengan cukup jelas.

Pada foto di atas, misalnya, monumen bertuliskan "Ludwig Erhard Haus" bisa terbaca dengan jelas meski kondisi sekitar minim cahaya. Selain itu, obyek bangunan dan pohon juga memiliki warna dan detail yang cukup baik. 

Contoh foto malam hari lainnya yang menggunakan kamera utama Xiaomi 13T bisa dilihat dalam foto di bawah ini.

Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T mode malam. Tampak pada gambar bahwa detail dan warna bangunan, begitu juga tulisan yang terukir di bangunan tersebut, masih bisa diamati dengan cukup baik. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T mode malam. Tampak pada gambar bahwa detail dan warna bangunan, begitu juga tulisan yang terukir di bangunan tersebut, masih bisa diamati dengan cukup baik.

Pada foto ini, tulisan "Verwaltungsgericht" di suatu bangunan tua juga masih bisa terbaca dengan jelas meski tak diterangi banyak cahaya. Tekstur bangunan juga bisa diperlihatkan dengan cukup detail dan jelas.

Untuk mendapatkan hasil seperti ini, pengguna tentunya harus memegang Xiaomi 13T dengan stabil ketika proses pemotretan. Sebab, ponsel akan mengambil beberapa gambar dalam sekian detik, supaya hasil akhir dalam foto tersebut bisa dibuat lebih terang. 

Baca juga: Benchmark Xiaomi 13T Versi Indonesia, Ini Skor AnTuTu-nya

Selain kamera utama, kamera telefoto Xiaomi 13T juga terbilang bisa diandalkan untuk mengambil foto malam hari. 

Hasil foto kamera telefoto Leica 50 MP (f/1.9) Xiaomi 13T menggunakan mode malam. Bisa dilihat, obyek tiang-tiang yang ada di gambar masih bisa terlihat dengan cukup baik meski diambil menggunakan fitur 2x optical zoom. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera telefoto Leica 50 MP (f/1.9) Xiaomi 13T menggunakan mode malam. Bisa dilihat, obyek tiang-tiang yang ada di gambar masih bisa terlihat dengan cukup baik meski diambil menggunakan fitur 2x optical zoom.

Hasil foto kamera telefoto ponsel ini bisa dilihat pada gambar di atas. Di gambar tersebut, detail tiang-tiang  dan papan rambu lalu lintas masih bisa ditampilkan dengan cukup jelas dan memiliki warna yang menyerupai aslinya.

Nah, meski kamera utama dan telefoto Xiaomi 13T cukup bagus, kami tak menganjurkan pengguna untuk mengambil foto malam hari menggunakan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). 

Pasalnya, hasil foto kamera yang memiliki bidang pandang luas ini tak begitu bagus, sebagaimana bisa dilihat pada foto berikut ini. 

Hasil foto kamera ultrawide Leica 12 MP (f/2.2) Xiaomi 13T menggunakan mode malam. Bisa dilihat, kamera ultrawide Xiaomi 13T kurang bagus untuk memotret obyek yang kurang diterangi cahaya. Jika ingin memotret obyek di ruangan atau suasana gelap, kami menyarankan pengguna untuk menggunakan kamera utama saja. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera ultrawide Leica 12 MP (f/2.2) Xiaomi 13T menggunakan mode malam. Bisa dilihat, kamera ultrawide Xiaomi 13T kurang bagus untuk memotret obyek yang kurang diterangi cahaya. Jika ingin memotret obyek di ruangan atau suasana gelap, kami menyarankan pengguna untuk menggunakan kamera utama saja.

Pada foto tersebut, kamera ultrawide Xiaomi 13T tampak belum mampu menghasilkan detail cukup baik pada obyek ilustrasi makanan yang disuguhkan dalam sebuah etalase yang tak memiliki lampu. 

Hal serupa juga tampak terlihat pada hasil foto kamera selfie 20 MP (f/2.2) yang ada di ponsel ini.

Meski demikian, hasil kamera swafoto ponsel tersebut bisa dibilang sedikit lebih baik dari kamera ultrawide, sebagaimana tampak pada gambar selfie di bawah ini. 

Hasil foto kamera selfie 20 MP (f/2.2) Xiaomi 13T mode malam. Bisa dilihat, hasil foto kamera selfie Xiaomi 13T masih bisa menampilkan obyek manusia dengan cukup baik meski diambil pada malam hari.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera selfie 20 MP (f/2.2) Xiaomi 13T mode malam. Bisa dilihat, hasil foto kamera selfie Xiaomi 13T masih bisa menampilkan obyek manusia dengan cukup baik meski diambil pada malam hari.

Pada foto di atas, bisa dilihat bahwa obyek manusia memiliki detail cukup bagus meski kondisi sekeliling tak diterangi banyak cahaya. 

Namun, latar belakang foto tampak tak memiliki detail yang baik dan terkesan buram atau blur, padahal foto tersebut bukan merupakan mode portrait alias normal.

Sehingga, kami menyarankan pengguna memakai mode portrait jika ingin menggunakan kamera selfie pada malam hari, supaya latar belakang obyek diburamkan sepenuhnya.

Baca juga: Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Penasaran melihat hasil foto Xiaomi 13T memotret sudut kota Berlin di kondisi minim cahaya? Pengguna bisa menyimak galeri foto malam hari yang diambil menggunakan ponsel tersebut melalui tautan berikut ini

Baca juga: Review Xiaomi 13T, Mudah Bikin Foto Indah dan Enak Dipakai Main Game

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com