Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Urutan Orang yang Melihat Story IG Kita? Ini Penjelasannya

Kompas.com - Diperbarui 17/10/2023, 08:36 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram Story merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan pengguna mengunggah cerita atau foto dengan durasi singkat.

Story IG akan hilang setelah 24 jam penayangan. Di fitur ini, pengguna bisa mengetahui siapa saja yang sudah melihat story Anda. Daftar penonton yang telah melihat story biasanya disajikan dalam vertikal dengan urutan acak.

Nah tak jarang pengguna bertanya-tanya bagaimana cara kerja algoritma penonton IG Story.  Pasalnya tak jarang akun-akun pengguna tertentu selalu berada di paling atas sebagai penonton IG story.

Dilansir dari Pally, algoritma IG Story pun hingga saat ini dirasa masih misterius. Namun dalam ulasan kali ini terdapat eksperimen sebagian pengguna dalam mengartikan urutan penonton IG Story.

Baca juga: Kenapa Save Video IG Story Musik Tidak Ada Suaranya? Begini Penjelasannya

Urutan penonton IG Story

Sebagian pengguna Instagram tak jarang melakukan beberapa eksperimen untuk melihat bagaimana akun lain melihat story IG. Salah satunya dilansir dari Pally, Instagram sendiri mulai mengatur daftarnya dengan cara yang berbeda.

Ini membuat orang yang paling sering berinteraksi dengan akun itu berada di daftar paling atas. Cara Instagram menyusun daftar orang yang melihat cerita didasarkan pada aturan atau algoritma rahasia.

Namun bisa jadi aturan ini mempertimbangkan kunjungan ke profil, menyukai, dan mengomentari untuk menentukan posisi orang dalam daftar.

Urutan orang-orang dalam daftar didasarkan pada cara orang lain berinteraksi dengan Anda di platform, bukan sebaliknya. Jadi, orang yang sering mengunjungi profil Anda akan muncul di bagian atas daftar.

Urutan ini didasarkan pada hal-hal seperti seberapa sering Anda berhubungan dengan followers dan berapa banyak Anda melihat profil mereka, menyukai atau berkomentar pada postingan mereka, serta melihat IG Story mereka. 

Artinya, untuk mengubah urutan cerita yang muncul, Anda perlu merubah cara berinteraksi dengan orang lain. Urutan ini sangat penting bagi pemilik bisnis yang ingin terlibat di Instagram untuk melihat interaksi audiensnya. 

Urutan penonton cerita di Instagram memberikan informasi yang bermanfaat untuk membantu pemilik bisnis meningkatkan tingkat konversi. 

Baca juga: Cara Simpan IG Story Musik Tanpa Menghilangkan Lagunya

Algoritma IG Story masih misterius dan berubah

Instagram terus mengubah cara menampilkan konten kepada pengguna, dan penting bagi pengguna untuk beradaptasi dengan perubahan ini agar bisa menggunakannya sebaik mungkin.

Perubahan terbaru dalam algoritma Instagram bertujuan untuk menampilkan postingan yang dianggap bermanfaat bagi pengguna berdasarkan aktivitas mereka sebelumnya. Instagram saat ini sendiri menekankan algoritma pada frekuensi, komunikasi, dan keterlibatan.

Perlu diketahui bahwa Instagram atau Meta hingga saat ini masih belum memberikan gambaran algoritma secara jelas. Bukan tidak mungkin Instagram mengubah algoritma tanpa pemberitahuan. Sehingga ulasan di atas tidak dapat dijadikan sebagai acuan tetap oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com