Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Memulihkan Akun Instagram yang Kena Suspend

Kompas.com - 10/09/2023, 16:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami masalah pada akun Instagram? Salah satunya akun yang terkena suspend atau ditangguhkan secara tiba-tiba. Masalah ini tentu sangat mengganggu bagi Anda.

Terutama jika Anda seorang kreator konten yang menggunakan aplikasi Instagram untuk berkarya. Tak jarang penangguhan ini terjadi tanpa alasan maupun pengguna yang tidak sadar melanggar pedoman komunitas platform Instagram.

Namun tenang saja, pengguna bisa memulihkan akun Instagram yang terkena suspend dengan beberapa cara berikut ini. Simak ulasannnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Deactive atau Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Penyebab Instagram terkena suspend

Berikut ini beberapa penyebab Instagram ditangguhkan, antara lain:

  • Pengguna telah melanggar ketentuan dan Pedoman Komunitas Instagram, misalnya saja memposting konten yang dilindungi hak cipta, tidak pantas, atau menyesatkan
  • Anda telah menjadi sasaran skema pelarangan Instagram yang mencurigakan
  • Anda telah menggunakan bot atau membayar pengikut
  • Algoritma Instagram bermasalah

Cara mengatasi Instagram yang ditangguhkan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memulihkan akun Instagram Anda.

Cek status akun

Cara memulihka akun suspend igKompas.com/soffyaranti Cara memulihka akun suspend ig

Apabila akun Instagram Anda dinonaktifkan karena tidak mengikuti pedoman komunitas Instagram, Anda bisa memilih opsi untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. 

Cara ini dilakukan dengan mengirimkan foto selfie diri, nama kode yang dikirimkan ke nomor telepon Anda, dan nama pengguna Instagram Anda. Hal ini dilakukan karena Instagram meminta untuk mengonfirmasi identitas Anda.

Pastikan saat mengirim identitas, gambar jelas, tidak diedit dan tidak terbalik.Proses peninjauan biasanya memakan waktu hingga dua hari kerja, dan Anda tidak akan memiliki akses ke akun Anda selama waktu tersebut.

Caranya cek bagian status akun Anda. Buka profil Instagram, pilih "Pengaturan dan privasi", selanjutnya gulir ke bawah dan klik "status akun". Di bagian "Status Akun", Anda dapat mengetahui apakah Anda telah memposting sesuatu yang tidak seharusnya.

Jika banding disetujui, Anda akan menerima e-mail dari Instagram di alamat e-mail terkait yang Anda berikan dengan tautan untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Namun apabila banding ditolak bisa jadi verifikasi gagal dan Anda bisa mengirimkan data-data kembali.

Menghubungi bantuan Instagram

Jika Instagram memberi tahu Anda bahwa mereka telah menangguhkan, atau menonaktifkan akun Anda karena terindikasi Anda berulang kali melanggar kekayaan intelektual tau memposting konten yang menipu dan menyesatkan, Anda bisa mengisi formulir bantuan Instagram di tautan berikut ini.

Anda juga harus menjelaskan mengapa konten tersebut tidak boleh dihapus, dan Anda juga dapat mengunggah file apa pun yang relevan untuk membantu masalah Anda.

Mengisi bantuan formulir

Bagi akun Anda yang dinonaktifkan tidak senngaja oleh Instagram, maka bisa menggunakan bantuan dengan memberikan salinan tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan pemerintah. seperti SIM, paspor, KTP, selain itu Anda juga mengisi formulir bantuan berikut ini.

Baca juga: Cara Bikin Template Twibbon untuk Instagram Story untuk Keperluan Acara

Demikian cara memulihkan akun Instagram yang terkena suspend. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com