Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Indonesia Kini Bisa Dapat Saweran lewat Instagram Gifts

Kompas.com - 20/09/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kreaton konten (content creator) Instagram Reels di Indonesia akhirnya bisa mendapatkan saweran dalam bentuk hadiah (gift) dari penggemarnya.

Hadiah hasil saweran itu bisa diuangkan sehingga menjadi pendapatan bagi kreator. Hal tersebut dimungkinkan berkat perluasan akses fitur monetisasi Instagram Gifts.

Ketersediaan fitur Instagram Gifts untuk kreator Instagram Reels asal Indonesia diumumkan lewat akun Instagram @creators baru-baru ini.

"Dalam beberapa minggu ke depan, kami memperluas akses fitur Instagram Gifts ke lebih banyak kreator di dunia, termasuk Indonesia," tulis @creators.

Baca juga: Cerita Kreator Konten yang Raup Saweran hingga Rp 10 Juta Per Bulan dari Live Streaming

Untuk bisa mendapatkan saweran, kreator Indonesia wajib memenuhi syarat berikut ini:

  • Memiliki akun Instagram profesional
  • Memiliki lebih dari 5.000 followers
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Memenuhi kebijakan monetisasi mitra
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Instagram’s @Creators (@creators)

Selain Indonesia, ketersediaan fitur Instagram Gifts diperluas untuk kreator asal negara Austria, Belgia, Bulgaria, Chili, Kolombia, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Georgia, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Jepang, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malaysia, Belanda, Peru, Polandia , Rumania, Slovakia, Slovenia, Swedia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Turki.

Fitur gift Instagram di Reels ini pertama kali diperkenalkan pada November 2022. Ketika itu, fitur monetisasi Instagram Gifts diuji coba dan tersedia secara eksklusif untuk content creator asal Amerika Serikat saja.

Kemudian, pada Maret 2023, pengguna Instagram di Indonesia sudah mulai bisa mengirimkan hadiah virtual kepada kreator AS.

Baca juga: TikTok Vs IG Reels vs Youtube Shorts, Mana yang Lebih Potensial Hasilkan Cuan?

Nah, dengan perluasan akses ini, pengguna Instagram di Indonesia juga bisa mengirimkan saweran ke kreator asal Indonesia favortinya dalam beberapa minggu ke depan.

Hadiah stiker jadi uang

Ilustrasi fitur monetitasi Instagram Gifts. Dengan fitur ini, kreator Indonesia bisa mendapatkan saweran stiker, kemudian dikonversi ke uang.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur monetitasi Instagram Gifts. Dengan fitur ini, kreator Indonesia bisa mendapatkan saweran stiker, kemudian dikonversi ke uang.
Fitur Instagram Gifts ini diwakili dengan ikon kado dengan keterangan "send gift". Ikon tersebut dapat ditemui di konten Reels kreator, letaknya di atas username pengguna.

Ketika diklik, pengguna akan melihat enam stiker dengan nilai yang berbeda-beda, mulai dari paling kecil 10 bintang hingga paling tinggi 300 bintang.

Untuk memberikan hadiah stiker, pengguna perlu membelinya dengan bintang pula. Pengguna perlu isi saldo bintang dengan mengeklik "add to balance". Instagram menyediakan tiga opsi top up saldo bintang. Berikut harganya:

  • 20 bintang - Rp 7.500
  • 45 bintang - Rp 15.000
  • 140 bintang - Rp 44.000
  • 300 bintang - Rp 89.000

Pantauan KompasTekno, Rabu (20/9/2023), pengguna bisa membeli bintang dengan kartu kredit/debit bank, GoPay, atau metode pembayaran lain yang biasa ada di Google Play. Setelah saldo bintang terisi, pengguna baru bisa menyawer kreator Reels dengan memberikan stiker tadi.

Baca juga: Instagram Kepayahan Kejar Popularitas TikTok, Reels Masih Tertinggal

Menurut Instagram di laman Help, setiap 1 bintang dari gift yang diterima dari fans, nilainya sama dengan 0,01 dollar AS (sekitar Rp 1.539). Kreator Reels akan menerima pembayaran bila saweran stiker yang diterima telah mencapai minimal 25 dollar AS (setara Rp 385.000).

Instagram mengungkapkan, fitur gift di Instagram Reels ini memungkinkan pengguna menunjukkan apresiasinya terhadap para kreator Reels favorit mereka.

Bagi kreator, fitur gift Instagram ini menjadi cara baru menghasilkan uang dari konten Instagram Reels.

Sementara bagi Instagram, fitur gift tersebut menjadi aliran pendapatan lain di luar iklan, karena pembuat Instagram harus berbagi sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh dengan Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com