Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Nugroho, Dirut Baru Telkomsel "Jagoan" Jaringan

Kompas.com - 08/12/2023, 15:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd (Singtel), selaku pemegang saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), resmi menunjuk Nugroho sebagai Direktur Utama (Dirut) Telkomsel pada Jumat (8/12/2023).

Nugroho, yang biasa disapa dengan panggilan "Nugie", menggantikan Hendri Mulya Syam. Hendri sendiri telah menjabat Dirut Telkomsel sejak 2021 lalu. Kala itu, ia menggantikan Dirut Telkomsel sebelumya, Setyanto Hantoro.

Nugroho merupakan sosok yang akrab dikenal wartawan telekomunikasi sebagai "jagoan" di bisnis jaringan (network).

Pasalnya, sebelum menjadi Dirut Telkomsel, Nugroho memegang jabatan Direktur Network Telkomsel (sejak Februari 2021), dan sering memberikan update tentang kondisi jaringan dan strategi bisnis jaringan Telkomsel.

Baca juga: Nugroho Resmi Jadi Direktur Utama Telkomsel

Nugroho juga pernah mengemban tugas di beberapa posisi strategis Telkomsel, salah satunya adalah Vice President IT Delivery pada periode 2019-2021.

Lalu, ia juga pernah menjabat sebagai Vice President IT Customer Care and Charging Group (2017-2019), serta Vice President IT Customer Care and Billing Solution and Management Group Telkomsel (2014-2017).

Kiprah Nugroho di bisnis jaringan Telkomsel juga tak luput dari latar belakang pendidikannya di bidang teknologi.

Nugroho sebelumnya mengenyam pendidikan jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia juga pernah menimba ilmu di jurusan Information System Development di Universitas Hertfordshire, Inggris.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho di acara press conference kesiapan Telkomsel dalam rangkaian KTT G20 di Bali, Rabu (19/10/2022)KOMPAS.com/Reska Koko Nistanto Direktur Network Telkomsel, Nugroho di acara press conference kesiapan Telkomsel dalam rangkaian KTT G20 di Bali, Rabu (19/10/2022)

Menurut laman Telkomsel, Nugroho disebut telah berkontribusi di bidang teknologi yang ia geluti. Sebagai hasilnya, ia sukses mendapatkan apresiasi dari Oracle Social Distancing Award di tahun 2020.

Di Telkomsel, Nugroho sendiri merupakan sosok yang membantu peluncuran jaringan 5G Telkomsel untuk pertama kalinya pada Mei 2021 lalu.

Baca juga: Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Terkencang di Indonesia Kuartal III-2023

Sosok yang akrab dipanggil "Pak Nugie" ini juga kerap menghadiri beragam acara Telkomsel yang berkaitan dengan jaringan.

Beberapa di antaranya seperti kesiapan jaringan jelang momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI), Natal dan Tahun Baru (NARU), kesiapan jaringan Telkomsel menghadapi beragam acara penting negara, hingga berbagai momen lainnya yang ada kaitannya dengan layanan dan jaringan Telkomsel di Indonesia.

Dalam berbagai acara Telkomsel, Pak Nugie juga selalu melemparkan senyum ramahnya kepada awak media, serta merespons berbagai pertanyaan dengan jawaban yang tidak terlalu teknis, dan mudah dimengerti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com