Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel, XL, Indosat Catatkan Kenaikan Trafik Data Selama Lebaran 2024

Kompas.com - 23/04/2024, 17:04 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Tiga operator seluler di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo, kompak mencatatkan kenaikan trafik atau lalu lintas data selama momen Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet mencapai 12.87 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 15.08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Menurut Telkomsel, selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital. 

Layanan digital itu antara lain mobile gaming yang melonjak 78.51 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28.52 persen, video streaming tumbuh 15.94 persen, akses ke layanan e-commerce naik 15.77 persen, akses media sosial naik 14.07 persen, dan akses browsing tumbuh 9.74 persen. 

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40,09 persen), Instagram (naik 24,51 persen), TikTok (naik 17,82 persen), YouTube (naik 15,28 persen), dan Facebook (naik 11,17 persen).

Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57.42 persen. 

Baca juga: Insentif Dibutuhkan Operator Seluler untuk Dongkrak Kecepatan Internet Indonesia

Diikuti Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik sekira 55.25 persen, Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54.48 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47.11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34.49 persen.

Sementara XL Axiata mengalami kenaikan trafik layanan data secara keseluruhan sebesar 16 persen. 

Menurut Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan media sosial 15 persen.

Selama periode Lebaran 2024, kenaikan layanan data XL Axiata terbesar terjadi di wilayah Jawa Tengah. Disusul oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Lampung. 

Lebih rinci di tingkat kabupaten/kota, kenaikan trafik data terjadi paling besar di Kabupaten Kebumen mencapai 68 persen. Kemudian Kabupaten Cilacap naik 58 persen, dan Kabupaten Pemalang naik 53 persen. 

Adapun operator seluler Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik hingga 17 persen selama Idul Fitri 2024. Lonjakan trafik data ini berasal dari media sosial, aplikasi pesan singkat, dan aplikasi mobile game.

Baca juga: Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Terkencang di Indonesia Kuartal III-2023

Menurut Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan trafik data.

Rata-rata peningkatan trafik yang terjadi adalah sebesar 24 persen. Kemudian penggunaan game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan  Call of Duty juga mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95 persen. 

"Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Idul Fitri dan musim mudik menjadi bukti komitmen kami untuk terus dapat melayani pelanggan di mana pun dan dalam situasi apapun," kata Desmond dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (23/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com