Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Tersedia di Semua Kota dan Kabupaten di Indonesia

Kompas.com - 30/11/2023, 14:31 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler, Telkomsel memperluas layanan VoLTE (Voice over Long-Term Evolution) sehingga kini sudah menjangkau semua kota dan kabupaten di Indonesia.

Menurut Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty Rahma Afriza, perluasan layanan VoLTE dilakukan demi meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna. Khususnya, saat berselancar di internet sambil melakukan panggilan video atau kegiatan lain.

Tuty mengatakan bahwa VoLTE memungkinkan pelanggan Telkomsel melakukan dan menerima panggilan telepon saat menggunakan data secara bersamaan di jaringan 4G.

"Upaya ini menjadi bukti nyata dari Telkomsel untuk memberi kemudahan, kenyamanan, dan meningkatkan pengalaman digital konsumen,” jelas Tuty dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: 5 Tips Mempercepat Jaringan Internet Telkomsel yang Bisa Dicoba

Dengan kemampuan voice dan data secara simultan, VoLTE menawarkan sejumlah keunggulan seperti memungkinkan pelanggan berselancar di internet, hingga bermain game saat tersambung dengan panggilan telepon suara tanpa khawatir koneksi internet terputus.

Panggilan telepon juga dapat terhubung lebih cepat daripada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan Voice over Internet Protocol (VoIP). Video call pun bisa dilakukan dengan dengan lebih lancar tanpa aplikasi tambahan ke sesama pengguna VoLTE.

Perluasan cakupan jaringan VoLTE di Tanah Air Telkomsel didukung oleh penuntasan proses pengalihan jaringan 3G ke jaringan 4G pada 2023. Telkomsel menyebutkan bahwa perluasan layanan VoLTE turut mendorong pertumbuhan jumlah pengguna layanan tersebut.

Jumlah pelanggan layanan VoLTE Telkomsel tercatat tumbuh 133,3 persen secara tahunan (year-over-year/YoY), disertai dengan pertumbuhan jumlah perangkat yang mendukung VoLTE sebesar 6,1 persen secara YoY.

Harga paket VoLTE Telkomsel

Layanan VoLTE kini dapat diakses lewat 347 tipe smartphone berbagai brand seperti Samsung, Vivo, Sharp, Xiaomi, LTE, iQoo, Apple, Infinix, dan Huawei

Untuk menggunakan layanan VoLTE, pelanggan bisa memakai kartu uSIM 4G Telkomsel di  smartphone yang menjalankan sistem operasi terbaru dan mendukung fitur VoLTE, serta sudah mengaktifkan profil VoLTE.

“Kami berharap, upaya kami dapat memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia supaya dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman gaya hidup digital pelanggan,” tambah Tuty.

Baca juga: Telkomsel Ventures Bakal Gelar Pendanaan Lagi, Ini Startup yang Diincar

Operator pelat merah ini menghadirkan sejumlah paket layanan 4G VoLTE untuk pelanggan prabayar dengan harga mulai Rp 11.500 untuk kuota panggilan telepon hingga 300 menit ke semua operator dengan masa aktif tiga hari.

Ada pula paket VoLTE dengan masa aktif selama 30 hari seharga Rp 57.000. Paket 4G VoLTE ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon hingga 1.300 menit ke semua operator.

Pembelian paket VoLTE dan aktivasi layanannya dapat dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel yang bisa diunduh lewat toko aplikasi resmi Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Pelanggan juga bisa mengunjungi mitra outlet Telkomsel, Call Center, GraPari, atau mengetik kode UMB *888*42# di phone dialler. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com