Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Memperbaiki Volume Speaker iPhone yang Terlalu Kecil

Kompas.com - 12/12/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna iPhone bisa jadi pernah mengalami eror dari bagian tertentu. Salah satunya masalah pada volume panggilan iPhone yang tiba-tiba rendah atau mengecil.

Meski seringkali sudah diatasi dengan menaikkan volume panggilan secara manual, tak jarang masalah ini terjadi berulang. Adapun volume panggilan yang tiba-tiba terlalu kecil ini disebabkan oleh berbagai faktor.

Mulai dari tombol volume yang eror, mode daya rendah, fitur suara di iOS yang mengalami masalah atau masalah pada perangkat keras. Lantas bagaimana memperbaiki volume speaker iPhone yang terlalu kecil? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: 2 Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di HP Android dan iPhone, Mudah

Cek casing ponsel

Salah satu faktor yang membuat volume speaker iPhone rendah adalah karena speaker bisa jadi terhalang oleh casing. Apabila bagian speaker terhalang casing, maka suara audio pun terpendam dan cenderung memiliki volume kecil.

Maka dari itu cek bagian speaker ponsel dan casing Anda. Apabila masalah terjadi karena hal ini, Anda bisa menanggalkan casing saat telepon sehingga volume dapat normal kembali, atau mengganti jenis casing.

Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat

Beberapa orang mengatakan bahwa ketika mereka menghadapi masalah dengan suara panggilan, mereka mencoba menyalakan dan mematikan "Mode Pesawat" beberapa kali. Maka dari itu Anda bisa mencoba cara ini untuk mengatasi panggilan suara yang eror.

Matikan Bluetooth dan hidupkan kembali

Apabila masalah volume speaker iPhone terlalu kecil ini terjadi saat menelepon menggunakan True Wireless Stereo (TWS) maka bisa jadi masalah terjadi pada jaringan Bluetooth-nya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mematikan Bluetooth, kemudian hidupkan kembali. Apabila cara ini tidak berhasil, maka coba hubungkan ulang perangkat Bluetooth Anda.

Baca juga: 5 Tips Merawat TWS yang Benar agar Tahan Lama

Cobalah untuk menonaktifkan fitur “Phone Noise Cancellation”

Fitur phone noise cancellation atau peredam bising merupakan fitur aksesibilitas di iPhone yang membantu pengguna mendengar dengan lebih jelas. Namun tak jarang beberapa pengguna mengalami masalah dalam volumenya karena fitur ini ini. Maka dari itu, cobalah untuk menonaktifkan fitur ini, berikut ini caranya:

  • Buka “Setelan/pengaturan”
  • Pilih “Accessibility”
  • Klik “Audio/Visual”
  • Selanjutnya geser toogle fitur “Phone Noise Cancellation” untuk menonaktifkannya

Membersihkan speaker iPhone Anda

Tak jarang pengguna kurang memperhatikan kebersihan ponsel. Hal ini yang tak jarang menyebabkan volume speaker bermasalah. Maka dari itu cobalah untuk membersihkan bagian speaker pada iPhone selanjutnya cobalah untuk mengaktifkan audio kembali.

Memperbarui iOS

Salah satu masalah yang menyebabkan volume speaker mengecil adalah karena iPhone mengalami bug karena tidak memperbarui sistem operasi. Maka dari cek pembaruan sistem operasi di iOS untuk mengatasi bug dalam ponsel.

Restart ponsel

Mematikan dan menyalakan ulang ponsel juga menjadi opsi lain memperbaiki bug atau eror yang terjadi pada sistem software ponsel. Apabila Anda mengalami masalah pada volume iPhone yang semakin kecil, cobalah untuk memuat ulang ponsel dan kembali mengetes speaker Anda.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp di HP Android dan iPhone, Mudah

Itulah beberapa cara mengatasi volume speaker iPhone yang terlalu kecil. Apabila beberapa cara di atas masih saja tidak mengatasi masalah speaker, cobalah untuk menuju service center iPhone terdekat di wilayah Anda. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com