Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran ChatGPT Plus Dibuka Lagi, Indonesia Kebagian

Kompas.com - 14/12/2023, 10:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah hampir satu bulan disetop sementara, pendaftaran pelanggan baru langganan berbayar chabot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ChatGPT Plus akhirnya dibuka lagi.

Lewat sebuah posting di X/Twitter, CEO OpenAI Sam Altman, mengumumkan bahwa pengguna bisa mendaftar ChatGPT Plus lagi mulai hari ini, Kamis (14/12/2023).

ChatGPT Plus adalah langganan berbayar seharga 20 dollar AS (sekitar Rp 309.000) per bulan untuk mendapatkan benefit tambahan seperti chatbot yang lebih pintar dan prioritas akses ChatGPT di jam sibuk.

"Kami telah mengaktifkan kembali langganan ChatGPT Plus!" tulis Altman lengkap dengan emoji pohon Natal.

Sebelumnya, OpenAI selaku pengembang ChatGPT sempat menghentikan sementara langganan ChatGPT Plus pada pertengahan November lalu.

Musababnya, permintaan penggunaan ChatGPT Plus yang membeludak, setelah konferensi pengembang pertama OpenAI.

Saat itu Sam Altman juga menyebutkan bahwa pengguna ChatGPT sudah melebihi kapasitas, sehingga mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna. 

Baca juga: Bos ChatGPT Sam Altman Jadi CEO of The Year Versi Majalah Time

Pada pertengahan Desember ini, OpenAI membuka kembali langganan ChatGPT Plus karena sudah memiliki lebih banyak kartu grafis alias GPU. Setidaknya begitulah menurut Sam Altman.

"Terima kasih atas kesabaran Anda selagi kami menemukan GPU yang lebih banyak," tambah Altman.

Seperti diketahui, ChatGPT bisa menjawab berbagai pertanyaan pengguna dengan bahasa yang mudah dimengerti, berkat ribuan kartu grafis (GPU).

ChatGPT mengandalkan suatu infrastruktur atau mesin kecerdasan buatan (AI) milik Microsoft, yaitu Azure, yang ditopang puluhan hingga ribuan unit pengolah grafis (GPU) bikinan Nvidia.

Dua model GPU yang dipakai ChatGPT adalah model GPU AI Nvidia A100 atau H100, yang saling terhubung di jaringan Microsoft Azure.

Pengguna Indonesia bisa beli ChatGPT Plus

Tangkapan layar pembukaan kembali pendaftaran pengguna baru ChatGPT Plus pada Kamis (14/12/2023). Pengguna di Indonesia juga bisa berlangganan ChatGPT Plus seharga 20 dollar AS (sekitar Rp 309.000) per bulan untuk mendapatkan benefit tambahan seperti akses ke GPT-4 dan prioritas di jam sibuk.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar pembukaan kembali pendaftaran pengguna baru ChatGPT Plus pada Kamis (14/12/2023). Pengguna di Indonesia juga bisa berlangganan ChatGPT Plus seharga 20 dollar AS (sekitar Rp 309.000) per bulan untuk mendapatkan benefit tambahan seperti akses ke GPT-4 dan prioritas di jam sibuk.
Pantauan KompasTekno, Kamis (14/12/2023) pagi, pengguna di Indonesia sudah bisa langsung mendaftar layanan ChatGPT Plus seharga 20 dollar AS (sekitar Rp 309.000) per bulan.

Ketika disetop sementara selama kurang lebih sebulan terakhir, pengguna harus bergabung di daftar tunggu (waitlist) untuk menikmati benefit ChatGPT Plus.

Pengguna bisa berlangganan ChatGPT Plus lewat situs resmi chatgpt.openai.com. Setelah login, pengguna tinggal klik "Upgrade Plan" di sisi kiri bawah layar. Kemudian, pilih "Upgrade to Plus" dan bayar.

Langganan ChatGPT Plus ini belum bisa dibeli via aplikasi ChatGPT Mobile.

Baca juga: Rumor Bapak ChatGPT Dipecat karena Bikin Terminator, Microsoft Buka Suara

Benefit langganan ChatGPT Plus

Dengan berlangganan ChatGPT Plus, pengguna akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  • Akses umum ke ChatGPT: Pelanggan dapat mengakses ChatGPT bahkan selama jam sibuk, memastikan pengalaman yang lebih lancar, dan mengurangi kemungkinan mengalami waktu tunggu.
  • Waktu respons yang lebih cepat: Pelanggan Plus akan merasakan waktu respons yang lebih cepat, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan chatbot secara keseluruhan.
  • Akses prioritas ke fitur-fitur baru dan peningkatan: Pelanggan akan memiliki akses awal ke fitur-fitur baru dan peningkatan, sehingga mereka dapat tetap menjadi yang terdepan dan memanfaatkan platform secara maksimal.
  • Akses ke GPT-4, model AI yang paling mumpuni/pintar dari OpenAI.
  • Akses ke tools tambahan seperti DALL·E (untuk bikin gambar), Browsing, Analisis Data Tingkat Lanjut, dan banyak lagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com