Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ChatGPT Voice Digratiskan, Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 22/11/2023, 11:16 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - ChatGPT Voice yang semula hanya untuk pelanggan ChatGPT berbayar, kini tersedia juga untuk pengguna gratisan. ChatGPT Voice adalah fitur untuk bertanya pada chatbot AI ChatGPT menggunakan perintah suara.

Dengan ChatGPT Voice, pengguna dapat bertanya pada ChatGPT seperti mengobrol. Jawaban yang keluar dari ChatGPT juga akan berbentuk audio.

Kehadiran ChatGPT Voice untuk pengguna gratisan ini diumumkan OpenAI melalui posting di media sosial X (dulu Twitter).

"ChatGPT dengan suara kini tersedia untuk semua pengguna gratisan. Unduh aplikasi (ChatGPT) di ponsel dan tekan ikon headphone untuk memulai percakapan," kata OpenAI di X lewat akun @OpenAI.

Ikon fitur ChatGPT voice yang ditandai dengan ikon headphoneKompas.com/Lely Maulida Ikon fitur ChatGPT voice yang ditandai dengan ikon headphone

Awalnya, ChatGPT Voice hanya tersedia untuk pengguna berbayar alias ChatGPT Plus dan pengguna ChatGPT Enterprise. Untuk berlangganan layanan tersebut, pengguna setidaknya harus merogoh kocek sekitar Rp 300.000 per bulan.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna perlu menekan ikon headphone yang ada di samping kolom teks ChatGPT. Lalu, sampaikan pertanyaan ke chatbot itu, sehingga ChatGPT memberikan jawaban terkait.

Praktik ini sekilas seperti saat mengobrol dengan asisten berbasis kecerdasan buatan semacam Google Assistant atau Apple Siri.

Namun, ChatGPT Voice menawarkan intonasi suara yang terdengar lebih manusiawi dibanding kedua asisten berbasis kecerdasan buatan tadi atau semacamnya.

Baca juga: Drama 3 Hari Sam ChatGPT Altman, Dipecat OpenAI Direkrut Microsoft

Chatbot bikinan OpenAI ini juga menyediakan banyak opsi suara. Totalnya, ada lima opsi suara yang bisa dipilih pengguna yaitu Juniper, Sky, Breeze, Ember, dan Cove, dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (22/11/2023).

Bila dibandingkan dengan cara lama, yaitu dengan input teks, fitur ChatGPT Voice menawarkan pengalaman yang lebih nyaman dan cepat. Sebab, pengguna tidak perlu mengetik teks atau membaca uraian sebagai jawaban ChatGPT.

Selain itu, fitur ini juga didukung fitur deteksi bahasa otomatis, sehingga pengguna bisa bertanya lewat berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Kemudian jawaban yang diberikan ChatGPT akan disesuaikan dengan bahasa pengguna.

Sudah tersedia di Indonesia

Pantauan KompasTekno, fitur ChatGPT Voice juga sudah tersedia di Indonesia, khususnya di aplikasi ChatGPT Android versi 1.2023.313. Namun tampaknya fitur ini digulirkan secara bertahap, sebab belum semua tim KompasTekno yang memakai aplikasi ChatGPT kebagian fitur ini.

Baca juga: OpenAI Tutup Sementara Pendaftaran ChatGPT Plus, Efek Terlalu Banyak Dipakai

Adapun ChatGPT voice diluncurkan OpenAI pada akhir September lalu. Kemampuan ChatGPT untuk "mengobrol" dengan penguna dapat dilakukan karena ChatGPT mengadopsi model text-to-speech yang baru.

Sebuah teknologi yang dapat menghasilkan audio layaknya manusia, hanya dengan teks dan beberapa detik dari sampel speech (ucapan).

Lewat blog resminya, OpenAI juga memberi sampel suara dalam beberapa kondisi. Misalnya, suara saat membacakan dongeng, rekomendasi resep, pidato, puisi, hingga memberi jawaban berupa penjelasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com