Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GTA 3, San Andreas, dan Vice City, Bisa Dimainkan Gratis Pelanggan Netflix

Kompas.com - Diperbarui 16/12/2023, 07:08 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga game klasik dari seri Grand Theft Auto (GTA), yaitu GTA 3, GTA: Vice City, dan GTA: San Andreaskini hadir di iOS dan Android secara cuma-cuma melalui platform Netflix, Jumat (15/12/2023).

Ketiga game yang tergabung dalam paket Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition ini bisa dimainkan secara gratis oleh gamer yang berlangganan layanan Netflix.

Sebelumnya, ketiga game klasik GTA itu dijual di Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS) dengan harga Rp 219.000 untuk masing-masing GTA: San Andreas, GTA: Vice City, dan GTA 3.

Sementara itu, pengguna yang ingin bermain tiga game GTA ini cukup berlangganan layanan Netflix per bulannya. Di Indonesia, langganan Netflix ini dibanderol seharga Rp 54.000 untuk paket "Mobile" atau Rp 65.000 untuk paket "Basic".

Selain ketiga game tersebut, pengguna juga bisa menikmati lebih dari 50 game seperti Tomb Raider Reloaded, Bloons TD 6, Stranger Things 3: The Game, Sonic Prime Dash, Asphalt Extreme, dan masih banyak lagi. Daftar game selengkapnya bisa disimak lewat tautan ini.

Bicara soal GTA: The Trilogy - The Definitive Edition lebih dalam, game ini menghadirkan kontrol yang sudah disesuaikan dengan smartphone. Selain itu, ketiga game GTA ini sudah dipoles dengan visual yang lebih ciamik dari versi originalnya di konsol PlayStation 2 (PS2).

Baca juga: Daftar Game serta Aplikasi Terpopuler di iPhone dan iPad pada 2023

Peningkatan visual ini dimulai dari model karakter dan obyek yang lebih mendetail hingga pencahayaan yang lebih baik. Versi Definitive Edition yang dirilis di platform mobile juga menghadirkan fitur eksklusif yang tidak ada di versi PC dan konsol.

Fitur tersebut bernama "Classic Lighting". Saat fitur tersebut digunakan, langit dalam ketiga game yang dimainkan akan terlihat seperti pada game aslinya. Langit pada malam hari pun akan terlihat lebih gelap.

Contohnya saja pada gambar di bawah ini. Pada gambar pertama, pengguna bisa melihat langit GTA: Vice City tanpa mode Classic Lighting, sedangkan gambar kedua menampilkan langit dengan mode Classic Lighting, yang terlihat lebih gelap.

Perbandingan langit di GTA: Vice City tanpa mode Classic Lighting (atas) dan dengan mode Classic Lighting (bawah)RockstarIntel Perbandingan langit di GTA: Vice City tanpa mode Classic Lighting (atas) dan dengan mode Classic Lighting (bawah)
Fitur lainnya mencakup kabut yang lebih baik di GTA: San Andreas, kemampuan untuk memperkecil resolusi sehingga smartphone yang kurang mumpuni bisa menjalankan ketiga game itu, perbaikan model karakter serta celah kerusakan (bug), dan masih banyak lagi.

Jika tertarik untuk menikmati ketiga game ini, pengguna bisa berlangganan Netflix kemudian membuka aplikasi tersebut di platform iOS atau Android. Selanjutnya, ketuk tombol "Games" yang terletak di sebelah kanan "Home" dan di sebelah kiri "New & Hot".

Pengguna bisa mengunduh GTA: The Trilogy - The Definitive Edition langsung dari aplikasi NetflixKOMPAS.com/Bill Clinten Pengguna bisa mengunduh GTA: The Trilogy - The Definitive Edition langsung dari aplikasi Netflix
Lalu, pilih game yang ingin diunduh, dan tekan tombol "Get Game". Ketuk "Install" untuk mulai proses download, dan pilih "Open" untuk mulai bermain.

Pengguna juga bisa mengunduhnya lewat tautan di bawah ini:

Perlu dicatat bahwa port mobile untuk game Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition tidak secara eksklusif hadir untuk pengguna Netflix. Pengguna juga bisa membelinya secara terpisah di Google Play Store dan Apple App Store. Berikut ini tautannya:

Spesifikasi Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition

Ilustrasi game GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas.Rockstar Games/Kotaku Ilustrasi game GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas.
Di platform iOS, pengguna yang ingin bermain trilogi GTA ini harus menyiapkan iPhone atau iPad dengan sistem operasi (OS) iOS 16.0 atau iPadOS 16.0 atau lebih baru. Pengguna juga diharuskan menggunakan perangkat dengan chip A12 Bionic.

Baca juga: Evolusi Game GTA sejak Pertama Rilis hingga GTA 6, Awalnya Gambar 2D

Media penyimpanan (storage) yang diperlukan GTA 3 adalah 1,7 GB, GTA: Vice City 2,8 GB, dan GTA: San Andreas sebesar 2,9 GB.

Bagi pengguna Android, spesifikasi yang dibutuhkan adalah perangkat dengan sistem operasi Android 11 ke atas. Ukuran GTA 3 adalah 874 MB sedangkan GTA: Vice City berukuran 990 MB. Di sisi lain, GTA: San Andreas memerlukan storage seluas 1 GB.

Dengan demikian, ukuran download di Android lebih kecil dibandingkan versi iOS, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Google Play Store, Jumat (15/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com