Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Mulai Pensiunkan Wordpad di OS Windows

Kompas.com - 09/01/2024, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft akan mempensiunkan software pengolah kata lawas, Wordpad, dari sistem operasi (OS) Windows. Microsoft pun mulai menghapus WordPad dari Windows 11.

Pembaruan (update) teranyar untuk OS Windows 11 kini sudah tak disertai dengan WordPad lagi.

Hal ini tercantum dalam daftar pembaruan yang akan hadir di versi terbaru Windows 11 nanti, terutama untuk Windows 11 Insider Preview (beta) versi (build) 26020.

Dalam versi ini, Microsoft tak akan lagi menyertakan aplikasi WordPad ketika pengguna memasang (install) ulang OS Windows 11. Selain itu, WordPad juga nantinya akan dihapus ketika pengguna melakukan pembaruan OS Windows 11.

"WordPad juga tak bisa lagi di-install di OS Windows 11 bagaimanapun caranya," tulis pihak Microsoft dalam pengumuman pembaruan update Windows 11.

Selain WordPad, Microsoft juga akan menghapus aplikasi penyimpan kontak alias People, lantaran kedua aplikasi tersebut kini merupakan fitur OS Windows yang sudah "usang".

Baca juga: Microsoft Pensiunkan WordPad Setelah 30 Tahun

Kemudian, aplikasi perekam layar Steps Recorder juga tak akan mendapatkan pembaruan lagi, dan rencananya akan dihapus juga dari OS Windows 11 lewat pembaruan yang akan datang.

Belum bisa diketahui kapan Microsoft akan menyebar pembaruan untuk menghapus Wordpad dari OS Windows 11 versi umum (bukan Insider Preview).

Namun yang jelas, sebagian besar pengguna saat ini tampaknya masih bisa menjalankan aplikasi WordPad di OS Windows 11 mereka.

Pantauan KompasTekno, Selasa (9/1/2024), aplikasi untuk mengetik tersebut masih bisa kami akses di Windows 10 22H2 untuk versi atau build 22.621.2861.

Selamat tinggal WordPad

Perangkat lunak (software) pengolah kata WordPad resmi dipensiunkan oleh Microsoft, setelah hampir 30 tahun hadir di sistem operasi (OS) Windows.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perangkat lunak (software) pengolah kata WordPad resmi dipensiunkan oleh Microsoft, setelah hampir 30 tahun hadir di sistem operasi (OS) Windows.

Sekadar informasi, WordPad merupakan aplikasi mirip Microsoft Word yang sudah ada alias di dalam OS Windows sejak nyaris 30 tahun lalu. Aplikasi ini terpasang secara bawaan pertama kali di Windows 95 pada 1995.

WordPad sedianya memiliki tampilan dan fitur mirip Microsoft Word. Perbedaan utamanya, WordPad hanya memungkinkan pengguna melihat dokumen teks dalam berbagai format umum dan melakukan pengeditan dasar. Sementara Word memiliki lebih banyak fungsi pengeditan.

WordPad terbilang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan besar dari Microsoft. Aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI Windows 7 pada 2007.

Baca juga: Tiga Aplikasi Alternatif WordPad dan MS Office, Gratis!

Pembaruan ini menampilkan tujuh tab baru meliputi Home, Insert, Page layout, References, Mailing, Review, dan View.

Di Windows 8 yang dirilis pada 2012, WordPad kembali mendapatkan sedikit perombakan desain. Namun, setelah itu, Microsoft tak memberikan pembaruan yang signifikan. Hingga pada Agustus 2023 ini, Microsoft memilih untuk menghapus WordPad dari Windows.

Nah, setelah WordPad resmi dihapus, Microsoft menyarankan pengguna Windows untuk menggunakan software Microsoft Word untuk membuka/membuat dokumen teks berformat .doc dan .rtf.

Pengguna juga dapat mengandalkan aplikasi Notepad yang tersedia di Windows untuk membuka dokumen dengan format .txt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com