Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Microsoft Satya Nadella Bertemu Presiden Jokowi Pagi Ini

Kompas.com - 30/04/2024, 06:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Microsoft Satya Nadella dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, Selasa (30/4/2024).

Pertemuan orang nomor satu di perusahaan raksasa software Microsoft dengan Jokowi ini dalam rangka membahas agenda transformasi digital untuk Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat dikonfirmasi Kompas.com pada Senin (29/4/2024).

"Besok (hari ini) dijadwalkan jam 08.30 WIB pagi di Istana Merdeka. Soal agendanya nanti kami akan sampaikan setelah pertemuan. Yang pasti bagus dan baik untuk Indonesia," ujar Budi kepada Kompas.com.

Baca juga: Satya Nadella: Developer Jangan Hanya Kejar Uang

Menurut Budi Arie, pertemuan antara Presiden dan CEO Microsoft ini penting karena Indonesia memerlukan banyak terobosan teknologi. Pemerintah juga ingin transformasi digital terus berlangsung agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Pertemuan dan komitmen ini penting karena Indonesia juga memerlukan banyak terobosan pengetahuan dan teknologi. Kemampuan adaptasi dan inovasi kita juga harus terus ditingkatkan. Detailnya tunggu besok saja, " kata Budi.

Hal yang lebih mendetail dalam pertemuan tersebut, kata Budi Arie, akan disampaikan kepada publik setelah pertemuan tersebut berlangsung.

Sebelumnya, Budi Arie Setiadi mengatakan, perusahaan teknologi global Microsoft sudah menyiapkan investasi bernilai besar untuk ditanamkan di Indonesia.

Menkominfo menyebutkan, nilai investasi yang bakal dihadirkan Microsoft untuk Indonesia sekitar Rp 14 triliun, bahkan bisa lebih. Investasi bernilai besar itu bakal tersebar dalam beragam bentuk, salah satunya untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai talenta digital.

Rencana investasi Microsoft untuk Indonesia sebenarnya sudah ditandai mulai dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Microsoft pada Maret 2024.

Baca juga: Profil Satya Nadella, CEO Microsoft yang Kunjungi Indonesia Hari Ini

Dalam MoU itu, Microsoft berkomitmen untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia bidang digital dan penguatan infrastruktur dan digitalisasi pemerintah.

Lalu, ada juga kerja sama penguatan tata kelola artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) yang bertanggung jawab, penguatan implementasi dan praktik pelindungan data pribadi (PDP), serta kerja sama di bidang-bidang lainnya.

Sebagaimana dihimpun dari Antara News, kolaborasi itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir.

Hadiri Microsoft Build: AI Day

ilustrasi Microsoftwired.com ilustrasi Microsoft
Kali ini, Nadella menyambangi Indonesia dalam rangka menghadiri acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, hari ini.

Acara ini ditujukan untuk para pengembang (developer) menemukan peluang baru dengan AI, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk memberikan lebih banyak nilai lebih cepat dengan AI dan Microsoft Azure.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com