Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Rusak, Aksesori FineWoven iPhone dan Apple Watch Dihentikan?

Kompas.com - 24/04/2024, 12:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber pcmag.com

KOMPAS.com- Pabrikan iPhone, Apple, dirumorkan bakal menghentikan produksi aksesori FineWoven untuk produk-produk mereka, seperti casing iPhone, dompet MagSafe dan Apple watch band karena daya tahannya yang buruk.

Seorang pembocor membagikan unggahan di akun media sosial X (sebelumnya Twitter) dengan handle Kosutami_Ito, yang menyebut bahwa Apple direncanakan bakal beralih dari FineWoven ke bahan premium non-kulit lainnya.

“FineWoven sudah tiada disebabkan daya tahannya yang buruk. Semua lini produksinya telah dihentikan dan dipindahkan.” tulis Kosutami di dalam unggahannya tersebut.

Baca juga: Apple Hapus Aplikasi Media Sosial Populer dari App Store China

Sebelumnya Kosutami pernah memprediksi rencana Apple memperkenalkan aksesori baru berbahan FineWoven sebulan sebelum peluncurannya, selain itu ia juga membeberkan foto pertama dari aksesori FineWoven sesaat sebelum diumumkan secara resmi.

Karena itu, ada kemungkinan bahwa kali ini pun Apple bakal menghentikan produksi Aksesori FineWoven dan beralih ke bahan lainnya, sesuai dengan yang diungkapkan oleh Kosutami. 

Dikeluhkan gampang rusak

Lini aksesori FineWoven konon juga mendapat respon negatif dari konsumen Apple karena dinilai gampang rusak. Bahannya banyak dikeluhkan mudah lecet dan kotor.

Pengulas teknologi (Tech Reviewer) kenamaan dengan handle Mrwhosetheboss di akun X (dahulu Twitter) miliknya juga menyebut bahwa “casing FineWoven baru resmi dari Apple mungkin lebih ramah lingkungan, tetapi tampak tidak terlalu bagus ketahanannya dalam waktu lama.”

Baca juga: Apple Investasi Rp 4 Triliun di Singapura, Perluas Kantor Regional

Ia mengatakan sudah dua kali mencoba casing FineWoven. Keduanya sama-sama berakhir dengan noda permanen serta lapisan luar yang terkelupas.

Casing iPhone FineWoven di Amazon bahkan dilabeli sebagai produk yang “paling sering dikembalikan (retur)”, hingga di dalam sebuah ulasan, salah satu pelanggan Amazon menyebut casing ini sebagai "pemborosan uang terbesar dalam hidup saya."

Apple siapkan pengganti FineWoven?

Apple telah berhenti menjual aksesori kulit pada bulan September tahun kemarin dan menggantinya dengan bahan "FineWoven" sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan.

FineWoven yang terbuat dari 68 persen poliester daur ulang post-consumer disebut Apple sebagai produk “microtwill yang mewah dan tahan lama”. Akan tetapi, kabar yang beredar justru menunjukan kenyataan sebaliknya. 

Baca juga: Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

Jika benar lini produk FineWoven akan dihentikan, penggantinya masih belum jelas. Kemungkinan material tersebut bakal diungkapkan dalam acara tahunan Apple Event di bulan September nanti.

Acara ini biasanya menjadi ajang bagi Apple untuk memamerkan casing dan Watch band baru serta aksesori lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCMagazine, Rabu (24/4/2024).

Produk FineWoven sendiri telah dijual seharga 59 dollar AS (Rp 960.000) untuk casing iPhone dan dompet MagSafe, 35 dollar AS (Rp 570.000) untuk gantungan AirTag dan 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta untuk Apple Watch band.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com