Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

Kompas.com - 18/04/2024, 10:32 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, CEO Apple Tim Cook juga melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan RI sekaligis presiden terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto.

Pertemuan antara keduanya dilakukan di ruang kerja Menhan, Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Rabu (17/4/2024). Pertemuan digelar mulai pukul 12.45 WIB hingga 13.50 WIB.

Dalam durasi yang cukup singkat, hanya sekitar 1 jam pertemuan, salah satu topik yang didiskusikan adalah kerja sama dan kolaborasi antara Apple dan pemerintahan Indonesia

“Terima kasih, sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat bertemu dengan Anda,” ujar Prabowo kepada Tim Cook saat pertemuan berlangsung.

Baca juga: 2 Permintaan Presiden Jokowi ke CEO Apple Tim Cook

Memang tidak disebutkan secara mendetail bentuk kerja sama dan kolaborasi apa yang akan dijalin.

Namun, sebelum pertemuan ini, Tim Cook sudah pernah mengirimkan surat resmi kepada Menhan Prabowo tertanggal 21 Maret, sebelum Tim Cook berkunjung ke Tanah Air.

Dalam suratnya, Cook menuliskan pesan apresiasi dari Apple kepada komitmen Indonesia yang terus mendukung pengembangan keterampilan dan inovasi di hampir 2.000 lulusan Apple Academy hingga saat ini.

Dukungan tersebut mendorong Apple akan terus bekerja sama dengan Indonesia di masa mendatang.

Berikut adalah isi surat resminya.

“Visi pemerintah dan komitmennya untuk mendukung pengembangan keterampilan dan inovasi tercermin dalam kualitas luar biasa oleh hampir 2.000 lulusan hingga saat ini. Melihat ke depan, saya yakin kita akan mampu membuka kerja sama yang lebih sukses antara Indonesia dan Apple”.

Baca juga: Fanboy Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

Sebagai informasi, Indonesia sudah membuka tiga akademi pengembangan Apple, alias Apple Developer Academy di Surabaya, Jakarta, dan Batam.

Masih dalam surat yang sama, Tim Cook juga mengucapkan ucapan selamat kepada Prabowo karena sudah berhasil memenangkan Pilpres (Pemilihan Presiden) untuk periode 2024 hingga 2029. 

“Atas nama Apple, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Anda di pilpres. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda seiring dengan upaya Apple yang terus berinvestasi dalam ekosistem teknologi Indonesia,” tulis Tim Cook.

Ajakan makan malam

CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).Dok. Biro Humas Kominfo CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Sebelum pertemuan berakhir, Prabowo pun mengajak Tim Cook untuk makan bersama. Ajakan tersebut dimulai dengan pertanyaan “Apakah Anda seorang vegetarian atau vegan?”.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com