Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Vivo Y18s Meluncur, Bawa Layar 90 Hz dan Kamera 50 MP

Kompas.com - 10/05/2024, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Vivo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Vivo Y18s di pasar Vietnam, Kamis (9/5/2024).

HP Vivo Y18s merupakan versi perilisan ulang (rebrand) dari Vivo Y18. Vivo Y18 "reguler" sendiri sebelumnya sudah dirilis di pasar India dan Vietnam pada 4 Mei 2024 lalu.

Sebagai versi rebrand, Vivo Y18s membawa perbedaan di sektor kapasitas RAM dan media penyimpanan (storage). Smartphone teranyar Vivo ini dibekali RAM LPDDR4X 6 GB dan storage eMMC 5.1 128 GB.

RAM ini bisa diperluas hingga 6 GB dengan memanfaatkan fitur virtual RAM, sedangkan storage bisa ditambah lagi hingga 1 TB dengan kartu microSD.

Kapasitas RAM yang besar memungkinkan pengguna untuk membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan di ponselnya. Storage yang luas memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file foto dan video, aplikasi, serta game.

Baca juga: Vivo Y18 Meluncur, HP Android Murah dengan Layar Refresh Rate 90 Hz

Sebagai perbandingan, Vivo Y18 "reguler" versi India dilengkapi RAM 4 GB dan pilihan storage 64 GB/128 GB. Di sisi lain, Vivo Y18 versi Vietnam memiliki RAM 8 GB.

Dengan demikian, HP Vivo Y18s memiliki RAM yang lebih besar dibanding Vivo Y18 "reguler" versi India, tetapi lebih kecil dibandingkan versi Vietnam.

Di luar urusan kapasitas RAM dan storage, spesifikasi Vivo Y18s identik dengan Vivo Y18 versi "reguler".

Vivo Y18s mengusung layar LCD berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90 Hz, resolusi HD Plus, kerapatan piksel 269 ppi, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 840 nits.

Di tengah atas layar, terdapat modul menyerupai tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8 MP.

Masih soal fotografi, bagian punggung Vivo Y18s dibekali kamera utama 50 MP dan sensor VGA beresolusi 0,8 MP. Duo kamera ini diposisikan secara vertikal tanpa modul.

Di sebelah kanan kamera, terdapat sebuah lampu LED flash untuk fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vivo V30e di Indonesia

Untuk hardware, Vivo Y18s ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G85. Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup dua unit Cortex-A75 (clockspeed 2 GHz), enam unit Cortex-A55 (clockspeed 1,8 GHz), dipadu unit pengolah grafis (GPU) Mali G52.

Gawai ini ditopang oleh baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh, yang mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 15 Watt.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan Vivo Y18s adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS 14.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com