Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Ikutan Trend Notebook Murah

Kompas.com - 10/04/2008, 09:06 WIB
Jakarta, Kamis – Langkah Asus dan Intel yang menyediakan notebook murah nan mungil untuk anak-anak sekolah kini diikuti oleh HP. Sebuah notebook mungil, HP 2133 Mini Note PC, yang menggunakan prosesor VIA C7-M ULV 1,2GHz dengan bobot sekitar 3 pound pun dirilis.

Berukuran fisik 2,67x25,5x16,5 cm, notebook ini berpenampilan mirip notebook untuk kalangan bisnis. Namun casing-nya berbahan campuran dari alumunium dan plastik, agar tidak mudah kotor oleh sidik jari tangan.

Selain itu, kendati ditujukan untuk anak-anak sekolah, fasilitasnya lengkap: satu slot 1x ExpressCard/54, card reader Secure Digital (SD), 2 port USB 2.0, VGA out, port RJ-45/Ethernet, jack stereo headphone/line out dan juga jack untuk stereo microphone/line in, serta koneksi Wi-Fi (802.11 a/b/g). Satu-satunya yang kurang adalah DVD/CD drive, yang bisa dibeli secara terpisah.

Yang memikat pada HP 2133 Mini Note PC adalah keyboard-nya yang berukuran nyaris normal, plus layar seluas 8,9” WXGA dengan resolusi 1280x 768 pixel, dengan dukungan chipset grafis VIA Chrome 9. Dibandingkan Asus Eee PC model pertama, luasan layar ini lebih lebar sehingga lebih nyaman di mata. Kenyamanan mengetik pun tercipta berkat bidang keyboard yang lebih lebar. Tidak heran jika dari sisi harga, produk HP ini lebih mahal, yakni: US$ 549 untuk yang bersistem operasi Linux (SuSE).

Selain model Linux, HP menyediakan seri dengan sistem operasi Windows Vista, yang dibandrol lebih mahal: US$ 599 untuk Vista Home Basic dengan RAM 1GB, dan US$ 749 untuk Windows Vista Business, dengan prosesor 1,6GHz, RAM 2GB, harddisk 120GB, plus fitur Bluetooth, maupun kapasitas batere lebih tinggi. (ap/wiek)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com