Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haier C2000, Murah Meriah bisa Internet

Kompas.com - 23/10/2008, 15:11 WIB

Haier C2000 dijual bersama perdana Hepi (telpon rumah CDMA) seharga Rp 168 ribu. Para SMS-mania bakal hepi banget karena bisa mengetikkan 480 karakter per pengiriman. Hanya, tarif operator masih menghitung 160 karakter per pesan terkirim. SMS bisa dikirim ke 10 nomor sekaligus per pengiriman dengan ponsel ini.

Perhatikan, kita bisa masukkan sekitar 20 smiley dengan Insert Expression. Plus ada fasilitas untuk menolak SMS dengan Reject SMS. C2000 juga memiliki Firewall. Tersedia 3 jenis pemblokiran : Call Firewall untuk panggilan, Private Firewall untuk data dan SMS Firewall untuk SMS. Di Call Firewall, kita bisa masukkan sampai 10 nomor Blacklist dan 10 nomor Whitelist. Private Firewall bisa menyembunyikan Message, Contacts dan Call history. Sedangkan SMS Firewall bisa mendepak sampai 10 nomor spam.

Warna hitam, plus permukaan tak mengilap membuat ponsel lumayan bersih dari bekas-bekas telapak tangan. Bagi Sinyal, ini penting; sebab dimensinya yang sangat pas dalam genggaman tangan pasti mudah meninggalkan jejak. Satu-satunya tempat yang masih menyisakan jejak hanyalah bagian layar.

Layarnya sebetulnya hitam-putih. Namun pemasangan film membuat latar terasa berwarna. Kita bisa pasang nama kita sebagai banner; caranya, buka Settings > Display > Banner, lalu ketikkan nama kita. Nanti akan muncul di bawah nama operator. Perhatikan, banner maksimal terdiri dari 12 karakter. Backlight bisa diatur agar selalu mati sampai selalu nyala (Always off, 10 sec, 30 sec, 1 min, Always on).

Desain keseluruhan terasa minimalis. Hanya terlihat port USB mini di sisi bawah bodi dan jack headset 2,5mm di sisi kanan bodi. Selain untuk charger batere, port USB mini tersebut dipakai pula untuk kabel data. Model port ini memudahkan kita membeli kabel data; sebab tidak disertakan dalam paket. Padahal C2000 bisa dipakai sebagai modem.

Dalam paket juga tak terlihat headset bawaan. Namun dengan model jack 2,5mm, seharusnya tak sulit membeli sendiri headset yang kita butuhkan.

Tak terlihat speaker eksternal. Namun suara yang dihasilkan lumayan nyaring. Mengingat desain bodi yang begitu minimalis sehingga tak menyisakan tombol volume, maka pengaturan volume dilakukan dari dalam menu yang berkepentingan. Misalnya, untuk ringtone, kita masuk dulu ke Profiles, buka moda yang dipakai, buka Personalize, buka Volume, buka Ringer, lalu setel tingkat kenyaringannya.

Navigasi 4-arah tanpa tombol tengah. Ini menjadi pintasan ke aplikasi. Secara default, yang atas ke MobileShop, bawah ke Calendar, kiri ke Settings, kanan ke Messages. MobileShop ini adalah aplikasi yang khusus ditanamkan oleh Mobile-8 sebagai ciri khas paket. Penambahan aplikasi khusus ini memang dimungkinkan karena C2000 mendukung BREW.

Keypad standar, tapi penguncian keypad berbeda dengan kebanyakan, yaitu dengan memencet-tahan tombol * agak lama. Tentu saja ada pula Auto key lock yang bisa dimanfaatkan. Memencet-tahan tombol # akan memindahkan Meeting Mode enabled ke Meeting Mode disabled dan sebaliknya.

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel murah dengan fasilitas cukup lengkap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com