Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Ririn Dumin, Asli atau Palsu?

Kompas.com - 18/03/2010, 20:01 WIB

KOMPAS.com — Pertengahan Februari lalu, saat para netter ramai membicarakan Rana dan Marsha yang menjadi Trending Topics di Twitter karena status keduanya yang kontroversial, ada satu gadis usia muda yang juga menjadi buah bibir di banyak blog dan social media.

Namanya Ririn Dumin (disingkat jadi Rindu), 22 tahun, wanita berambut panjang lurus yang berobsesi menjadi artis dan berhasil mewujudkan cita-citanya setelah melalui perjuangan yang mengharukan. Awalnya, Ririn hadir lewat blog gratisan bernama "rindumenujubintang" dengan tulisan pertama yang ditayangkan pada tanggal 18 Januari 2010. Di situ Ririn memperkenalkan dirinya sebagai orang yang senang akting dan ingin menjadi bintang iklan.

Ririn mulai menyedot perhatian para bloger dan nettizen setelah menayangkan sebuah video di YouTube dan blognya pada tanggal 15 Februari 2010 lalu. Di video tersebut, dengan penuh percaya diri Ririn memperkenalkan diri sebagai orang yang sangat berobsesi menjadi bintang iklan. Sebelum video ini muncul, Ririn bercerita seputar film dan hobi nontonnya dan kisah macet saat menuju tempat casting di tiga tulisan berbeda.

"Nah, Ririn tuh mau nunjukin ke semuanya, dalam 20 hari, Ririn bisa jadi bintang iklan," katanya di video yang direkam oleh temannya bernama Acha.

Setelah itu, Ririn Dumin secara rutin mem-posting tujuh video lainnya sampai tanggal 3 Maret 2010. Di video terakhirnya, Ririn mengumumkan bahwa beberapa hari ke depan, iklan pertama yang dibintanginya akan ditayangkan di stasiun televisi mulai tanggal 7 Maret 2010, tepat 20 hari sejak video pertamanya beredar.

Boyke, salah seorang nettizen yang menikmati rangkaian video Ririn lewat blog, mengaku terkesima dengan keteguhan dan kerja keras seorang Ririn. Baginya, Ririn adalah satu dari sekian banyak orang biasa yang berjuang keras menggapai cita-citanya.

"Kesan orang sih macam-macam. Ada yang bilang percuma karena aktingnya biasa, tapi ada juga yang kasih dukungan," ungkapnya.

Namun, begitu Boyke melihat penampilan Ririn di iklan obat Dumin, dia meyakini bahwa yang dilihatnya selama ini hanyalah tokoh fiktif bernama Ririn Dumin yang dibuat oleh insan periklanan. Video Ririn Dumin tak lain sebuah teaser iklan dalam format baru yang dikemas dalam bentuk reality show.

"Awalnya gue pikir itu beneran. Tapi ternyata cuma bagian dari iklan doang," ungkap Boyke yang sehari-hari bekerja sebagai programmer di Jakarta, Rabu (17/3/2010) kemarin.

Seperti diungkapkan Boyke, identitas iklan dalam karakter Ririn tertangkap jelas dari penggunaan kata Dumin di belakang nama Ririn (lalu disingkat jadi Rindu) di blog dan videonya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com