Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
UberTwitter Jadi UberSocial

Pemanjang Twitter Mungkin Masih Bisa Digunakan

Kompas.com - 20/02/2011, 00:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fitur pemanjang Twitter melalui alamat tmi.me kemungkinan masih bisa digunakan di UberSocial, aplikasi versi baru pengganti UberTwitter yang kini diblokir Twitter. Sebab, fitur pemanjang tweet yang dipermasalahkan Twitter karena dianggap melanggar kebijakan hanyalah pada pesan-pesan yang bersifat pribadi.

"Untuk memenuhi kebijakan Twitter, di versi yang baru, Anda tidak dapat nge-tweet lebih dari 140 karakter dari akun yang diproteksi atau di DM (direct message)," demikian penjelasan di akun Twitter @Ubersoc. Hal tersebut menjelaskan bahwa fitur pemanjang Twitter tidak seluruhnya dilarang, tetapi hanya yang berpotensi menyebarkan pesan pribadi secara terbuka.

Sebelumnya, Bill Gross, Founder dan CEO UberMedia, menyatakan bahwa salah satu yang menjadi alasan Twitter memblokir UberTwitter adalah penggunaan fitur pemanjang tweet di tmi.me yang digunakan UberTwitter sehingga memungkinkan pesan pribadi tampil di situs web publik. Ia mengatakan, fitur tersebut telah dihapus di versi aplikasi yang baru.

Soal hanya pemanjang Twitter pada DM yang menjadi keberatan tersebut dan tidak pada seluruh pesan juga ditegaskan pernyataan juru bicara Twitter, Carolyn Penner. Hal tersebut terkait dengan kebijakan privasi pengguna.

"Pelanggaran tersebut terdiri atas—tetapi tidak hanya itu—masalah privasi dalam DM yang lebih panjang daripada 140 karakter, pelanggaran merek dagang, dan pengubahan konten tweet pengguna untuk menghasilkan uang," kata Carolyn Penner, seperti dilansir situs web TechCrunch.

Soal pelanggaran merek dagang, UberMedia selaku pemilik UberTwitter memutuskan untuk mengubah nama aplikasi tersebut menjadi UberSocial. Sementara soal pengubahan tweet untuk menghasilkan uang belum ada penjelasan lebih rinci. Namun, UberMedia menyatakan telah memenuhi semua kebijakan yang sesuai dan berharap segera dapat diaktifkan kembali. Namun, sampai kini belum ada kabar kapan UberSocial akan bisa digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com